Tiga WNA Jalani Penyumpahan di Kemenkumham Bali

0
10
Tiga WNA Jalani Penyumpahan di Kemenkumham Bali

Sumerta Klod, DenPost

Tiga warga negara asing resmi menjadi warga negara Indonesia setelah menjalani penyumpahan di Kantor Wilayah Bali Kementerian Hukum dan HAM, Selasa (7/12). Mereka adalah Aldo Andrea Sai Croserio, Mario Iorio yang semula warga Italia dan Vikram C Vicky Kalra yang semula warga India.

Penyumpahan itu dipimpin langsung Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Bali, Jamaruli Manihuruk. Kata dia, pengambilan sumpah itu berdasarkan undang-undang tersebut diatas khususnya Pasal 8 tentang Naturalisasi.

Baca juga :  Penuhi Energi Saat Libur Panjang, Pertamina Jamin Pelayanan Tetap Optimal

“Kepada saudara, saya mengucapkan selamat telah menjadi Warga Negara Indonesia, dengan harapan agar Saudara menjadi Warga Negara Indonesia yang setia, dan tunduk terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan Negara Indonesia,” terangnya.

Jamaruli berharap mereka mampu mengabdi kepada bangsa dan Negara Republik Indonesia serta ikut mendorong perkembangan pendidikan dan budaya nasional sesuai dengan profesi yang telah ditekuni selama ini.

Pada saat yang sama juga berlangsung pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Wilayah Bali Kemenkumham. Kepada PNS tersebut, Jamaruli mengingatkan status PNS dapat diberhentikan, baik dengan hormat maupun tidak dengan hormat jika mereka melanggar peraturan.

Baca juga :  Penuhi Kebutuhan Pangan Saat Paceklik, Gubernur Galakkan Lumbung Pangan Masyarakat

“Tugas kita adalah bagaimana amanah tersebut dapat mempunyai nilai tambah, dan bermanfaat bagi Bangsa dan Negara,” ujarnya sesaat setelah penyumpahan.
Tentang pengambilan sumpah, ini adalah sebuah ikrar dalam melaksanakan tugas dan pada hakikatnya merupakan kesanggupan untuk menaati segala aturan yang berlaku. Kata Jamaruli, sumpah ini tidak hanya diucapkan, namun juga disaksikan oleh Tuhan yang Maha Esa.

Dalam sambutan, Jamaruli menyampaikan bahwa Kemenkumham Republik Indonesia, terus melakukan penguatan di tubuh organisasi, seperti terbitnya Surat Keputusan tentang Pengangkatan Pejabat Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan Dan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali. (106)

Baca juga :  Di Denpasar, Warung Hingga Pasar Tradisional Tutup

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini