KPPS Sakit Saat Hari Pencoblosan Wajib Diganti

0
3
Konsep Otomatis

Amlapura, DenPost

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karangasem tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan digelar dalam penyelenggaraan pesta demokrasi di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya memastikan penyelenggara sehat. Berinteraksi langsung dengan pemilih, kesehatan Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) menjadi perhatian KPU Karangasem.

Meski telah dipastikan sehat saat test cepat beberapa waktu lalu, KPU Karangasem tak lengah. Saat hari pencoblosan nanti bila ada KPPS yang sakit, pihaknya akan langsung mengganti.

Baca juga :  Jelang Galungan, Peternak Babi Diharapkan "Restocking"

Hal tersebut diungkapkan Ketua Divisi Sosialisasi dan pengembangan SDM KPU Karangasem, Putu Deasy Natalia. Diwawancarai senin (7/12) pihaknya menuturkan ingin memastikan keamanan TPS. “Jadi bila ada saat hari H yang sakit, lewat PPS akan segera diganti, ” ungkap Deasy. Ia menuturkan di beberapa kecamatan telan memiliki cadangan anggota yang siap menjadi pengganti, bila KPPS yang terpilih tak dapat bertugas.

“Di Kecamatan Manggis salah satunya, ada banyak pendaftar yang mungkin bisa disiapkan menjadi pengganti, ” Imbuhnya.

Baca juga :  Ratusan Warga Desa Adat Padang Bai Lakukan Unjuk Rasa, Ini Tuntutannya

Lebih lanjut, Deasy menekankan selain memastikan seluruh penyelenggara sehat, pihaknya juga terus melakukan monitoring agar tiap TPS taat pada pelaksanaan 15 hal baru. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pemilih yang akan datang ke TPS tak perlu khawatir pada penyebaran Covid-19. Sebab penyelenggaraan Pilkada Karangasem telah menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Mari kita beri hak suara kita dengan datang ke TPS. Mari kita pilih bersama pemimpin sesuai hati nurani, ” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  Ratusan Napi di LP Karangasem Terima Remisi

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini