Tahap II Segera Cair, Hibah Pariwisata Dilanjutkan Hingga 2021

0
13
Picsart 12 07 07.31.53
Plt. Kadis Pariwisata Kabupaten Badung, Tjokorda Raka Darmawan.

Mangupura, DENPOST.id

Banyaknya masukan pelaku pariwisata membuat pemerintah pusat akan membuat kebijakan baru terkait hibah pariwisata. Bahkan informasi terkait pencairan dana hibah pariwisata tahap II pun akan dilakukan pencairan dalam waktu dekat ini.

Hasil koordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dana hibah tahal II bakal cair dalam Minggu ini.
“Kalau kemarin dibilang dalam Minggu ini. Mudah-mudahan bisa segara cair dana hibah pariwisatanya untuk tahap II,” harap Plt. Kadis Pariwisata Kabupaten Badung, Tjokorda Raka Darmawan, Senin (7/12/2020).

Baca juga :  Terkait Pencegahan Covid-19, Sekda Adi Arnawa Dengarkan Arahan Mendagri Melalui "Video Conference"

Lebih lanjut dikatakan Cok Daramawan, total hibah pariwisata yang diterima Pemkab Badung sebesar Rp948 miliar, 70 persennya atau senilai Rp663 miliar untuk pelaku usaha hotel dan restoran. Sisanya 30 persen digunakan untuk kegiatan Pemerintah Daerah yang menyangkut masalah keamanan, kebersihan, kesehatan dan lingkungan. Dari Rp663 miliar tersebut, pada tahap pertama baru cair sekitar 50 persen. Untuk hotel pada tahap I dicairkan sekitar Rp238 miliar dan untuk restoran sekitar Rp92 miliar. “Jadi, nanti pada tahap II seluruh sisanya akan dicairkan,” terangnya.

Baca juga :  Bupati Artha Tekankan Kreativitas Tingkatkan Ekonomi di Tengah Pandemi

Sesuai ketentuan, lanjut Cok Darmawan yang juga Asisten III Bidang Administrasi Umum itu, apabila dana hibah pariwisata tidak bisa terserap seluruhnya maka wajib dikembalikan ke kas negara. “Seberapa nanti sisanya atau yang tidak terserap segitu yang kita kembalikan,” ungkap birokrat asal Ubud, Gianyar tersebut.

Kabar baiknya, dari hasil koordinasi yang dilakukan pihak eksekutif beberapa waktu lalu, program pemberian dana hibah pariwisata akan dilanjutkan pada tahun 2021. “Nanti di tahun 2021 sudah dirancang akan ada program yang sama yang jangkauannya jauh lebih luas,” ungkapnya.

Baca juga :  Serap Aspirasi Masyarakat, Suiasa Gencarkan Sosialisasi Program Penanganan Covid-19

Bahkan, kata Cok Darmawan lagi, pihaknya telah menyampaikan kepada pemerintah pusat usulan dari berbagai asosiasi di bidang pariwisata di luar hotel dan restoran. Intinya berharap juga menerima bantuan dana hibah pariwisata, sebab sama-sama ikut terdampak pandemi Covid-19. “Usulan ini sedang dikaji bersama dengan usulan dari daerah lainnya. Mudah-mudahan bantuan hibah pariwisata tahun depan lebih luas tidak saja untuk kalangan perhotelan dan restoran saja,” ucap Cok Darmawan. (a/115)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini