Ribuan Surat Suara Gagal Produksi Dimusnahkan

0
3
Picsart 12 08 05.25.19
RUSAK - Proses pemusnahan surat suara rusak di KPU Bangli.

Bangli, DENPOST.id

Ribuan surat suara rusak atau yang mengalami gagal produksi dimusnahkan jajaran KPU Bangli, Selasa (8/12/2020). Proses pemusnahan disaksikan jajaran Forkompinda Pemkab Bangli.

Sesuai dengan ketentuan PKPU, sehari sebelum pencoblosan seluruh surat suara rusak atau cacat produksi harus dimusnahkan. Dengan pemusnahan ini, diharapkan tidak ada lagi kecurigaan surat suara itu disalahgunakan.

Ketua KPU Kabupaten Bangli, I Putu Gede Pertama Pujawan mengatakan jumlah suara yang mengalami kerusakan sebanyak 1.242 lembar. Selain itu, ada lagi 24 lembar surat suara PSU terdiri dari 23 rusak dan satu lebih. “Katagori kerusakan yang terjadi, ada yang karena robek dan ada juga yang berubah warna, sehingga tidak sesuai dengan damy yang telah disepakati paslon. Seluruh surat suara yang gagal produksi itu telah kami musnahkan, sehingga tidak ada lagi yang namanya surat suara di luar yang sudah disetting dan disegel di masing-masing TPS,” sebutnya.

Baca juga :  Mulai Hari Ini, Bangli Batasi Jam Operasional Pasar dan Swalayan

Sementara pendistribusian logistik, lanjut Pujawan seluruhnya juga telah didistribusikan ke masing-masing desa. “Selanjutnya hari ini (Selasa-red) juga dari PPS melakukan serah terima logistik pada KPPS. Jadi dipastikan H-1 sudah diterima KPPS dan untuk pergeseran akan ada aspek-aspek pengamanan yang diterapkan,” pungkasnya. (128)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini