Petakan 312 TPS Rawan di Bangli, Polisi Terjunkan Ini

Picsart 12 08 05.25.50
Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan.

Bangli, DENPOST.id

Kepolisian Resor Bangli menerjunkan
765 personel dalam pengamanan pemilihan kepala dan wakil kepala daerah (Pilkada) serentak yang berlangsung, Rabu (9/12/2020) di Bangli. Jumlah kekuatan ratusan personel tersebut, untuk pengamanan terutama di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Apalagi dari 566 TPS yang ada di Bangli, 312 TPS di antaranya dipetakan sebagai kategori TPS rawan.

“Sekarang istilahnya kurang rawan, rawan dan sangat rawan. Rawan yang dimaksudkan adalah TPS atau wilayah yang dalam kondisi konflik misalnya adat dan sebagainya. Dalam pemilu sebelumnya misalnya sempat terjadi permasalahan, TPS pasangan calon, tim pemenangan, anggota DPRD dan lainnya. Rawan tak hanya permasalahan itu saja, di kawasan terpencil, di pelosok atau rawan bencana alam seperti tanah longsor juga dikategorikan sebagai TPS rawan,” jelas Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, usai memimpin apel pasukan pengamanan Pilkada 2020 di Lapangan Kapten Mudita, Selasa (8/12/2020).

Baca juga :  SKB Bangli Tak Layak Jadi Tempat Karantina, Pemkab Masih Rapat Bersama

Khusus di Bangli, pihaknya tak menemukan indikasi adanya TPS yang sangat rawan, yang ada kurang rawan dan rawan. “Yang kurang rawan 254 dan rawannya 312 TPS. Ini tersebar di empat kecamatan,” sebutnya.

Secara rinci AKBP Agung menyebutkan TPS paling banyak diindikasi rawan berada di Kecamatan Kintamani, sebanyak 204 TPS. Kemudian di Kecamatan Bangli ada 47 TPS rawan, Susut 31 dan Kecamatan Tembuku diduga ada 30 TPS rawan.

Baca juga :  Banyu Pinaruh, Pengamanan Wisata Tirta di Bangli Diperketat

Untuk antisipasi ini, 765 personel dikerahkan. Terdiri dari personel pengamanan TPS Polres Bangli 394 orang, personel pengamanan TPS BKO Polda dan Polres Gianyar 216 orang, personel penyekatan dari BKO Brimob, Sabhara Polda Bali, Polres Klungkung, Polres Gianyar dan Polres Buleleng sebanyak 155 orang. ” Pemetaan kategori rawan ini untuk menentukan jumlah personel yang akan mengamankan di TPS tersebut. Kalau yang kurang rawan dua personel mengamankan lim TPS. Sedangkan yang rawan satu TPS diamankan satu personel dibantu dua linmas. Selain itu, kami bersama pasukan brimob dan sabhara Polda Bali sudah mulai melakukan penyekatan mulai sore ini (Selasa) dengan patroli gabungan ke wilayah yang rawan tadi,” urainya. (128)

Baca juga :  Pecah Ban Selanjutnya Tabrak Pohon Perindang, Truk Ringsek

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini