Terbukti Berpolitik Praktis, Seorang ASN Badung Kena Sanksi

0
9
Langgar Kode Etik, Bawaslu Limpahkan Dua ASN Badung ke Komisi ASN
KLARIFIKASI - Bawaslu Badung saat melakukan pemeriksaan dan klarifikasi terhadap ASN yang diduga ikut dalam politik praktis, beberapa waktu lalu.

Mangupura, DENPOST.id

Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Badung berinisial Made DS akhirnya dikenai sanksi penundaan gaji berkala selama satu tahun. Sanksi tersebut dijatuhkan lantaran DS ikut berpolitik praktis pada pilkada tahun 2020.

Sanksi itu diberikan setelah keluarnya rekomendasi komisi ASN yang ditindaklanjuti Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Pemanggilan terhadap Made DS telah dilakukan BKPSDM pada Kamis (10/12/2020).

Baca juga :  Kasus Covid-19 Melonjak, Klungkung Juga Terapkan PPKM

Kepala BKPSDM Kabupaten Badung, I Gede Wijaya, saat dimintai konfirmasi membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan sudah menindaklanjuti rekomendasi dari komisi ASN setelah ada laporan dari Bawaslu Badung. “Dalam hal ini ada kewajiban Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan Bupati untuk menindaklanjuti komisi ASN tersebut,” jelasnya.

Dia juga mengaku telah memanggil DS untuk menerima keputusan PPK. Dalam keputusan itu, kata Wijaya, ASN yang terbukti melanggar diberikan sanksi berdasarkan PP No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Baca juga :  PDI Perjuangan Gelar Lomba "Meme"

“Dalam PP tersebut, ASN diberikan sanksi sedang atau penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun,” tegasnya.

Dengan diberikan sanksi dari Komisi ASN, secara otomatis akan berlaku secara administrasi kepegawaian. “Jika sudah berakhir sanksi tersebut, akan kembali normal dan penundaan kenaikan gaji berkala tidak akan berlaku lagi,” katanya.

Wijaya berharap ASN bisa bersama-sama menjaga legalitas ASN. Untuk diketahui, sanksi diberikan kepada Made DS  karena yang bersangkutan terbukti melanggar netralitas ASN dengan mengikuti pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Badung yang dilakukan oleh pasangan petahana. Selain itu, DS juga terbukti mengunggah dukungan kepada petahana serta salah satu partai politik. (a/115)

Baca juga :  LPD Blahkiuh Bagikan Bahan Pokok Kepada 1.740 KK

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini