Sokong Stok Darah dan Konvalesen, Kodam IX/Udayana Lakukan Ini

0
9
Sokong Stok Darah dan Konvalesen, Kodam IX/Udayana Lakukan Ini
DONOR - Sejumlah tentara menunggu antrean menjalani donor darah. Tahapan donor ini menerapkan protokol dengan ketat.

Dangin Puri, DENPOST.id

Kodam IX/ Udayana menerjunkan 345 personel untuk mendonorkan darah pada Jumat (11/12/2020) di Kesdam IX/ Udayana. 10 di antaranya menjalani donor darah konvalesen. Selain dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika Tahun Anggaran 2020, gerakan itu untuk menyokong stok darah PMI Provinsi Bali.

Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, mengakui, saat pandemi ini PMI Provinsi Bali mengalami kesulitan untuk stok pemenuhan plasma darah.

Baca juga :  Bali Buka Pariwisata, Atensi Korem 163/ Wira Satya Diperluas

“Mungkin banyak masyarakat yang masih takut, namun ketika donor plasma konvalesen dilakukan dengan protokol kesehatan yang baik maka penularan Covid-19 dapat dihindari,” katanya.

Dia mengajak masyarakat, khususnya pasien yang telah sembuh dari Covid-19 untuk mendonor antibodinya melalui terapi konvalesen. “Saya yakin orang-orang kedokteran kita tidak akan mungkin mengorbankan orang. Jadi yakin saja dengan kondisi yang ada, kami semua khususnya rekan-rekan di militer sudah membuktikan ini bahwa tidak ada masalah dengan donor plasma,” tegasnya.

Baca juga :  Bantu Krama Terdampak, Banjar Gerenceng Lakukan Ini

Krisis stok konvalesen diakui Ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra. Dia menyebut saat ini stok plasma darah konvalesen sedang kosong. Maka kegiatan yang digerakkan Kodam IX/ Udayana ini sangat membantu langkahnya melayani kebutuhan darah dan konvalesen.

Dia menyebut kebutuhan konvalesen di Bali masih fluktuatif, sehingga pihaknya belum bisa memprediksi kebutuhan secara pasti. “Setiap harinya belum bisa diprediksi tergantung laporan dari rumah sakit yang memerlukan plasma konvalesen itu sendiri,” terangnya. (106)

Baca juga :  Satpol PP Ajari Puluhan Warga Cara Pakai Masker yang Benar

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini