Pemkab Bangli Gelar Upacara Nangluk Merana, Ini Tujuannya

0
10
Konsep Otomatis
NANGLUK MERANA - Prosesi upacara nangluk merana di Catus Pata (perempatan) Bangli, Senin (14/12/2020). DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Pemkab Bangli menggelar upacara Nangluk Merana di Catus Pata (perempatan) Bangli, Senin (14/12/2020). Upacara ini ini rutin dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan Tilem Sasih Kanem.

Upacara dipuput Ida Pedanda Gde Putra Sidemen Tembuku, dari Geriya Jaksa, Banjar Pande, Bangli. Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta; Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika, dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangli tampak hadir dalam upacara tersebut.

Baca juga :  6 PMI Asal Bangli Positif Covid-19

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Bangli, Jro Penyarikan A. Widata, mengatakan, upacara nangluk merana dilaksanakan guna memohon kerahayuan dan keselamatan jagat dan seisinya agar dijauhkan dari hal-hal yg bersifat negatif. “Termasuk dijauhkan dari bencana alam, terbebas dari gangguan hama, dan lainnya. Virus- virus maupun penyakit lainnya agar kembali ke alamnya dan sirna,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, upacara ini sekaligus memohon kesuburan sarwamaurip dan sarwatinandur. “Mangda prasida nadi lan mawiguna bagi umat manusia. Ini juga untuk harmonisasi buana agung dan buana alit secara seniskala dan menetralisir kekuatan negatif, sehingga umat manusia dapat hidup harmonis dengan sesamanya, alam beserta isinya dalam keadaan sehat jasmani, rohani,” pungkasnya. (128)

Baca juga :  Satu PDP di Selulung Positif Covid-19

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini