Petugas Sayangkan Disiplin Prokes Masih Kurang

0
4
Petugas Sayangkan Disiplin Prokes Masih Kurang
DITEGUR - Petugas menegur warga yang tak mengenakan masker.

Tegal Kertha, DENPOST.id

Koramil 1611-07/Denpasar Barat bersinergi dengan unsur Satuan Tugas Covid-19 lainnya menggelar pendisiplinan penerapan protokol kesehatan di Desa Tegal Kertha, Denpasar Barat pada Rabu (16/12/2020). Demikian dikatakan Danramil Mayor Inf Ida Bagus Putu Swatama, sesaat setelah giat.

Meski giat serupa telah rutin dilakukan, dirinya menyayangkan masih ditemukan pelanggaran oleh sebagian kecil warga masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker. Untuk itu petugas melakukan tindakan persuasif dengan menegur dan memberikan tindakan fisik ringan seperti push up.

Baca juga :  Gubernur Koster Terbitkan Perda Penguatan dan Permajuan Kebudayaan

Danramil mengimbau agar warga masyarakat memiliki kesadaran yang baik dan bertanggung jawab serta memahami bahaya dari Covid-19. “Pendisiplinan kali ini masih menemukan warga yang belum mematuhi penggunaan masker dan terdapat tempat cuci tangan yang tidak berfungsi atau rusak, meski saat ini sudah diperbaiki,” ujarnya.

Dia menerangkan, pendisiplinan penerapan protokol kesehatan ini sebagai implementasi dari Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Wali Kota Denpasar Nomor 48 Tahun 2020. Dalam aksi ini, terlibat enam Babinsa BKO bersama Tim Yustisi Gabungan Satgas Covid-19 Kota Denpasar.

Baca juga :  Warga Miskin yang Terdampak Covid-19 Bakal Diberi Sumbangan

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman tentang kedua peraturan tersebut kepada masyarakat untuk dapat mematuhi protokol kesehatan di saat melakukan berbagai aktivitas. Para petugas di lapangan kembali mengingatkan untuk menggunakan masker yang benar dan sesuai standar, menjaga jarak dan menghindari berkerumun serta rajin mencuci tangan atau menggunakan cairan sanitasi.

“Jadi kita tetap mengingatkan masyarakat terkait penerapan pola 3M, ingat pesan ibu terkait pencegahan Covid-19,” tandasnya. (106)

Baca juga :  KPK Minta Bali Tuntaskan Sertifikasi Aset

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini