Tak Cukup Sosialisasi Prokes, TP PKK Badung Lakukan “Rapid Test”

0
11
Picsart 12 16 07.40.29
UJI CEPAT - Ketua TP PKK Badung, Seniasih Giri Prasta beserta jajaran saat melaksanakan uji cepat di Lobi Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem, Rabu (16/12/2020).

Mangupura, DENPOST.id

Menindaklanjuti surat dari Ketua Umum PKK Pusat dan dalam rangka menyambut Hari Ibu ke-92 Tahun 2020, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Badung melaksanakan rapid test (uji cepat). Rapid test yang bertujuan untuk memutus mata ranting penyebaran Covid-19 ini, dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang dipimpin Ketua TP PKK Badung, Seniasih Giri Prasta, serta dihadiri pengurus TP PKK tingkat kabupaten dan kecamatan se-Kabupaten Badung, di Lobi Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem, Rabu (16/12/2020).

Ketua TP PKK Badung, Seniasih Giri Prasta mengajak kepada seluruh jajaran PKK di Kabupaten Badung untuk tidak takut melakukan rapid test demi menyelamatkan anak, cucu dan keluarga dari penyebaran Covid-19. Menurut Seniasih melalui pelaksanaan rapid test yang dirangkaikan dengan menyambut Hari Ibu ini, TP PKK Badung sampai ke tingkat desa dan kelurahan ikut berkontribusi dan membantu Pemkab Badung dalam mengedukasi dan turut mensosialisasikan kepada masyarakat Badung terhadap pencegahan Covid-19.

Baca juga :  RSD Mangusada Terima Rujukan Wisatawan Terduga Covid-19

“Saya mengajak seluruh jajaran pengurus TP PKK jangan takut melakukan rapid test. Saya sudah membuktikan dan percaya diri dengan adanya rapid test tidak seperti apa yang dibayangkan. Dengan ikut kegiatan ini, kita sudah turut berkontribusi dalam mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Badung. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini, Covid-19 cepat berlalu, sehingga masyarakat kita bisa beraktivitas dalam mencari nafkah untuk keluarganya,” kata Seniasih Giri Prasta.

Baca juga :  37 Peracik Minuman Uji Kemampuan di Canggu

Lebih lanjut dikatakan Seniasih Giri Prasta, TP PKK bersama Dinas Kesehatan selalu bersinergi dan bekerjasama menekan penyebaran Covid-19, dalam membangun kesadaran masyarakat untuk tidak terlalu takut berlebihan, serta yang penting tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan disiplinn menerapkan prokes. “Untuk itu, mari gerakkan PKK di Kabupaten Badung maupun di kecamatan, kelurahan dan desa untuk selalu menerapkan 3M, yaitu menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir,” ajaknya.

Seniasih Giri Prasta juga berpesan selain mencegah penyebaran Covid-19, juga waspada terhadap penyebaran penyakit lainnya seperti demam berdarah terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan. “Saya berharap Ketua DWP, Ketua WHDI dan ibu-ibu yang lain terus mensosialisasikan pencegahan virus-virus yang ada saat ini termasuk penyakit demam berdarah,” terangnya.

Baca juga :  Pemkot Denpasar Keluarkan SE untuk Siwaratri dan Saraswati

Dalam kegiatan ini juga didahului dengan sosialisasi dari Dinas Kesehatan Badung yang diwakili Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer, Ni Ketut Karneli. Ia mengatakan dasar pelaksanaan rapid test karena adanya Covid-19, yang melanda dunia termasuk Indonesia, dan Badung khususnya. Untuk itu, pihaknya berharap PKK yang umumnya berinteraksi langsung dalam keluarga kecil bisa membentengi keluarga dari penyebaran Covid-19. (115)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini