Pemkot Sebut Ruang Isolasi Terisi 45 Persen

0
5
Selain Taat Prokes, Masyarakat Juga Diminta Perhatikan Hal Penting Ini
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai

Dangin Puri, DENPOST.id

Pemerintah Kota Denpasar berupaya tetap optimal dalam penanganan Covid-19. Selain melakukan pemantauan terhadap penerapan protokol kesehatan hingga tingkat desa adat, Pemkot juga optimal untuk ketersediaan ruang karantina bagi masyarakat yang terpapar Covid-19 yang tak bergejala.

Itu dikatakan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, Dewa Gede Rai, Kamis (17/12/2020) di Denpasar. “Kami siapkan ruang karantina, di samping juga tetap kerjasama bersama Pemprov,” ujarnya. Dia menyebutkan telah menyiapkan satu unit hotel yang dialokasikan sebagai pusat karantina di Denpasar.

Baca juga :  Tunggu Hasil Lab, Pasien Asal Bangli Masih Diobservasi di RSUP

Hingga saat ini, dari kapasitas tempat karantina kini telah terisi 45 persen. Dia berharap jumlah tersebut tidak meningkat, khususnya pascalibur panjang, Pilkada dan juga menjelang akhir tahun. Dalam rangka penerapan prokes, pihaknya juga rutin melakukan pendisiplinan di pusat keramaian, seperti angkringan dan kafe.

Bersama Satpol PP Kota Denpasar, Satgas Gotong Royong beberapa kali telah melakukan pembubaran terhadap tempat usaha yang tidak mengindahkan penerapan prokes. Namun langkah tersebut diawali dengan pendekatan persuasif untuk memberikan informasi utuh kepada pengelola usaha.

Baca juga :  Bantu Korban PHK, Pemkot Rancang Kartu Pra-Kerja

Selain kepada pelaku usaha, pendisiplinan juga dilakukan terhadap masyarakat. Sejak awal Pergub Nomor 46 Tahun 2020 dan Perwali Nomor 48 Tahun 2020, pihaknya konsisten melakukan penyuluhan dan penyebarluasan informasi. Namun dia mengakui dalam setiap sidak, masih ditemukan warga yang melanggar.

“Secara aturan, ada sanksi administrasi. Namun esensinya adalah mengajak masyarakat untuk mencegah pandemi secara bersama-sama. Sebab partisipasi masyarakat sangat berpengaruh dalam pengendalian pandemi, mencapai 80 persen sampai 90 persen,” bebernya. (106)

Baca juga :  Dua Sulinggih Ikut Donor Darah di Jaba Pura Puseh Denpasar

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini