Tak Penuhi Unsur Pidana, Polisi SP3 Kasus Somvir

0
7
Tak Penuhi Unsur Pidana, Polisi SP3 Kasus Somvir
DIHENTIKAN - Somvir didampingi pengacara saat hadir di Mapolres Buleleng beberapa waktu lalu. Kini kasus tersebut telah dinyatakan dihentikan.

Singaraja, DENPOST.id

Polres Buleleng menghentikan penyelidikan atas laporan kasus dugaan tindak pidana pelibatan anak di bawah umur untuk kepentingan politik dengan terlapor Somvir. Keputusan tersebut dituangkan Satreskrim Polres Buleleng melalui Surat Penetapan Penghentian Penyidikan (SP3).

Kasubag Humas Polres Buleleng, Iptu Gede Sumarjaya, Jumat (16/12/2020) menyebutkan, penghentian penyelidikan kasus Somvir ditetapkan sejak sepekan yang lalu. “Kasus Dr. Somvir sudah SP3 atau dihentikan penyelidikannya sekitar satu minggu yang lalu,” katanya.

Baca juga :  Panitia Pelaksana Pengabenan Sudaji Jadi Tersangka

Sebelumnya Somvir dilaporkan oleh Made Sudiari, orangtua dari anak yang keberatan merasa anaknya dimanfaatkan untuk kepentingan politik pada Juli lalu. Kemudian Somvir juga sempat melaporkan balik Made Sudiari dengan dugaan tindak pidana pencemaran nama baik pada Oktober lalu.

Kini kedua laporan tersebut telah dihentikan penyelidikannya oleh Satreskrim Polres Buleleng. Sumarjaya mengaku penyidik sudah menyelidiki intensif kedua laporan tersebut. Mulai dari melakukan gelar perkara, pemeriksaan saksi-saksi, barang bukti, keterangan berbagai pihak termasuk kedua pelapor.

Baca juga :  Dewan Badung Tolak Kebijakan Pusat Soal Tak Pungut PHR

“Dari hasil penyelidikan dua kasus ini, keduanya tidak memenuhi unsur pidana, sehingga setelah dilakukan gelar perkara yang dilakukan oleh penyidik dengan melibatkan pengawas penyidik, Subbag Hukum Polres Buleleng, penyelidikan dihentikan,” katanya.

Sementara itu, pengacara Somvir, I Wayan Karta, S.H., menyampaikan rasa syukur karena penyelidikan atas pelaporan kliennya dihentikan. Dikatakannya, kasus ini adalah sengketa Pemilu yang harusnya diselesaikan oleh Bawaslu bukan di kepolisian. (118)

Baca juga :  Ribuan Warga Klungkung Diusulkan Dapat Kartu Pra-Kerja, Tapi Terkendala Ini

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini