Terkait SE Gubernur, Ini Kata Pengelola DTW

0
4
Picsart 12 18 03.01.54
LENGANG - Suasana Bandara Jumat (18/12/2020) siang terlihat agak lengang.

Kutsel, DENPOST.id

Keluarnya SE Gubernur No 2021 tentang wajib uji usap (swab) bagi wisatawan yang datang ke Bali via udara terus menuai kontroversi. Kali ini respons datang dari Pengelola Daerah Tujuan Wisata (DTW) Pantai Pandawa dan Serikat Pekerja Pariwisata saat dihubungi secara terpisah, Jumat (18/12/2020).

Ketua New Normal Pantai Pandawa, Wayan Duarta menilai SE Gubernur ini memang secara jangka pendek sangat mengecewakan. Terutama dilihat dari geliat pariwisata yang ada. Tapi kalau dikaji lebih mendalam, lanjutnya, bisa bisa berdampak positif. Karena Bali memang merupakan jantung dan urat nadi parwisata dunia di Indonesia.

Baca juga :  Antisipasi Potensi Penyebaran Virus Corona, Bandara Lakukan Ini

“SE ini berdampak positif karena wisatawan khususnya yang kelas menengah ke atas merasa lebih aman liburan ke Bali. Sebab wisatawan yang ke Bali bebas Covid dari hasil swab khususnya yang lewat udara,” katanya.
Ditambahkannya, apapun kebijakan dalam kondisi sekarang ini pasti ada dampak negatif sama positif.

Sementara itu, pekerja yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Pariwisata FSP Par menilai keluarnya SE ini telah membuyarkan harapan mereka bisa bekerja kembali saat akhir tahun.
Ketua PC FSP Par Badung, Putu Satyawira Marhaendra, mengatakan,
sebagai insan pekerja pariwisata pihaknya merasa sangat berat dengan keluarnya SE tersebut. “Dulu sempat kami sampaikan saat wawancara dengan beberapa awak media, untuk membantu wisatawan untuk datang ke Bali, pemerintah harus berani membatu biaya swab test wisatawan melalui dana APBD maupun APBN,” paparnya. Dengan membantu swab test bagi wisatawan, lanjutnya, pemerintah akan menggerakkan sektor pariwisata dan mampu mengangkat ekonomi masyarakat Bali.

Baca juga :  Giri Prasta Tegaskan Badung Tidak Lakukan PKM

Terlepas aturan ketatanegaraan antara pemerintah pusat dan daerah, pihaknya tetap berharap pemerintah membantu biaya swab test wisatawan ini agar perekonomian masyarakat Bali bisa bangkit kembali. Selain itu para pekerja yang sudah lama dirumahkan tanpa upah, paling tidak punya gairah dan semangat baru menyongsong tahun 2021. “Kami sangat mendukung penerapan protokol kesehatan, baik dalam bidang kerja kami maupun dalam masyarakat,” ujarnya. (113)

Baca juga :  PHRI Badung Dukung Kebijakan Pusat

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini