Di Badung, Guru Jalani Uji Usap dan Terapkan 3 M

0
46
Picsart 12 18 07.24.41
Plt. Kadisdikpora Badung, I Made Mandi.

Mangupura, DENPOST.id

Untuk terus mencegah perkembangan penularan Covid-19, para guru di Badung menjalani swab test (uji usap). Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Badung mengklaim sebagian guru telah banyak yang melaksanakan swab test, kendati ada di antara mereka yang merasa ketakutan.

Pelaksanaan swab test ini, untuk memastikan guru bebas terpapar Covid-19. “Swab test sudah berlangsung dari beberapa hari lalu, dan inipun masih berlangsung. Sudah banyak guru yang sudah swab test. Kami akui memang ada yang awalnya merasa ketakutan, takut kalau positif nanti dikaratina dan lain sebagainya. Tapi kami sudah berikan pemahaman kepada mereka. Pelaksanaan 3M juga tetap dilakukan meski sudah dilakukan swab test,” kata Plt. Kadisdikpora Badung, I Made Mandi, Jumat (18/12/2020).

Baca juga :  Usulan Penerapan Retribusi Pantai Kuta akan Dikaji

Mandi menegaskan swab test untuk para guru sifatnya wajib. Jadi, apapun alasan para guru mereka harus bersedia dilakukan swab. Sebab, dengan cara ini dapat mengetahui kondisi dari para guru. “Walaupun memang sekarang negatif, tapi bisa jadi besok atau seminggu kemudian positif terpapar kita tidak tahu. Namun yang jelas ini upaya kita untuk melakukan pencegahan,” ujarnya.

Swab test ini juga bagian dari persiapan Badung, jika nantinya pembelajaran tatap muka jadi terlaksana. Pihaknya mengatakan pelaksanaan swab dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Diskes) Badung dilakukan secara bertahap. “Informasi yang saya terima, untuk wilayah Petang, Abiansemal dan Mengwi, itu sudah. Sekarang yang sedang berlangsung wilayah Kuta Utara, berlanjut ke wilayah Kuta dan Kuta Selatan,” papar Mandi.

Baca juga :  Lapangan Lagoon Kering dan Temboknya Jebol

Sementara Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi Diskes Badung, I Gusti Agung Alit Naya mengakui pelaksanaan swab terhadap para guru sudah berlangsung. “Total sudah 2.609 dari guru yang dites swab, yang positif sekitar 60 orang. Sesuai SOP mereka yang dinyatakan positif dikarantina. Kami bekerjasama dengan pihak Pemprov Bali,” ungkapnya.

Ditargetkan akhir Desember 2020, semua guru di Badung sudah selesai melakukan swab test. Sesuai data dari Disdikpora Badung, ada sebanyak 6.284 guru di Badung yang terdiri dari 2.451 guru PNS dan 3.833 non PNS. (115)

Baca juga :  Pemkot Denpasar Keluarkan SE untuk Siwaratri dan Saraswati

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini