400 PPDN Dites di Gilimanuk, Dua Positif Covid-19

0
4
Picsart 12 22 08.58.38
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya.

Dangin Puri, DENPOST.id

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya menyebutkan penerapan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 2021 Tahun 2020 telah berlangsung baik dan lancar.

Berlangsung sejak 19 Desember 2020, hingga Senin (21/12/2020) sebanyak 400 Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang tiba melalui Pelabuhan Gilimanuk, terjaring petugas karena tidak dapat menunjukkan hasil rapid antigen.

“Kemarin petugas kami mengetes sekitar 400 yang lolos yang tidak bawa hasil rapid antigen. Tapi sudah dirapid antigen. Ada yang positif dua, itu karena dia hanya membawa logistik saja. Maka begitu drop logistik, kemudian balik karena tanpa gejala. Disarankan di daerah asal untuk dites PCR lagi,” ujarnya.

Baca juga :  Komisi IV Nilai PKM di Denpasar Masuk Akal

Dia menyebutkan, SE itu berisi tentang upaya pencegahan penularan Covid-19 di Bali. Para PPDN diminta bertanggung jawab atas kesehatan masing-masing, serta tunduk dan patuh terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagi yang melakukan perjalanan dengan transportasi udara, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR paling lama 7 x 24 jam sebelum keberangkatan,M dan mengisi e-HAC Indonesia.

Bagi yang melakukan perjalanan memakai kendaraan pribadi melalui transportasi darat dan laut wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji Rapid Test Antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Baca juga :  Oknum TNI Jadi Bandar Narkoba

Surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR dan hasil negatif uji Rapid Test Antigen berlaku selama 14 hari sejak diterbitkan. Selama masih berada di Bali, wajib memiliki surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR atau hasil negatif uji Rapid Test Antigen yang masih berlaku.

Bagi PPDN yang berangkat dari Bali, surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku dapat digunakan untuk perjalanan kembali ke Bali. (106)

Baca juga :  Lagi, Satu Pasien Covid-19 di Denpasar Meninggal

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini