Jelang Akhir Tahun, Harga Cabai Naik

0
5
Picsart 12 23 02.23.07
NAIK - Jelang pergantian tahun, sejumlah bumbu dapur di Pasar Amlapura mengalami kenaikan.

Amlapura, DENPOST.id

Jelang akhir tahun, harga cabai di Pasar Amlapura murai merangkak naik. Salah satu pedagang, Made Suji, menuturkan, kenaikan rata-rata mencapai Rp 5 ribu.

“Cabai kecil dari harga normal Rp 35 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 40 ribu. Bahkan sempat Rp 45 ribu per kilogramnya,” jelasnya. Pedagang asal Lingkungan Susuan, Karangasem ini menduga kenaikan terjadi karena musim penghujan. “Stok memang masih lancar. Namun untuk kualitas yang bagus sedikit sulit. Palingan datang dengan kondisi yang agak keriting. Itu harganya kami jual lebih murah, ” imbuhnya.

Baca juga :  Sehari, Karangasem Catat 10 Kasus Baru

Tak hanya cabai, kenaikan juga terjadi pada bumbu dapur lainnya. Di antaranya bawang putih yang semula Rp 18 ribu per kilogram menjadi Rp 20 ribu. “Tapi bawang merah justru turun dari kemarin. Yang semula 32 ribu jadi 28 ribu perkilonya, ” ungkapnya.

Kondisi ini dikeluhkan pembeli. Salah satunya Made Ngurah. Ia berharap hingga akhir tahun nanti tak ada kenaikan lagi untuk bumbu dapur. Apalagi di tengah pandemi Covid-19. “Pandemi semua serbasulit. Banyak yang kehilangan pekerjaan. Semoga tidak diperparah dengan harga bahan dapur yang mahal lagi, ” harapnya. (Yun)

Baca juga :  Kota Karangasem Banjir, Tiga Ruang Kelas SDN 6 Terendam

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini