Kapolres Akan Tindak Tegas Oknum Pungli di Gilimanuk

0
9
Picsart 12 25 07.14.00
PERIKSA - Pemeriksaan di pintu masuk Bali, di Pelabuhan Gilimanuk.

Negara, DENPOST.id

Sejak adanya SE Gubernur Bali Nomor 2021 tahun 2020 yang mewajibkan pelaku perjalanan ke Bali, melampirkan surat keterangan bebas Covid-19, dengan rapid tes antigen negatif sempat ada isu adanya dugaan pungli dari oknum petugas. Bahkan ada rekaman yang beredar kalau di Gilimanuk yang tidak membawa rapid test antigen bisa menyerahkan sejumlah uang pada oknum petugas.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Jembrana AKBP Ketut Gede Adi Wibawa menegaskan upaya bersama petugas keamanan di pintu Pelabuhan Gilimanuk sudah sangat maksimal. Kapolres menegaskan jika ada yang macam-macam memanfaatkan celah ketatnya aturan ini akan berhadapan dengan hukum. Pihaknya pun akan melakukan tindakan tegas. “Siapapun yang melakukan pungutan liar (pungli) akan ditindak tegas. Apalagi di masa pandemi seperti ini, di mana pemerintah berupaya menekan angka penularan Covid-19 di Bali. Bukan saja penerima pungutan, pemberi pungutan pun dipastikan kena hukuman,” kata Kapolres, Jumat (25/12/2020).

Baca juga :  Hadapi Virus Corona, Kembang Cek Kesiapan RSU

Dikatakan Kapolres, di titik-titik rawan praktek pungli terpasang spanduk peringatan terkait larangan pungli ini. Seperti di pintu masuk dan pintu keluar Pelabuhan Gilimanuk, termasuk di pos-pos pemeriksaan. Spanduk katanya sengaja dipasang sebagai peringatan. “Kalau melakukan pungli siapapun itu, pidana menanti. Tidak saja oknum petugas yang menerima, pemberi suap juga ancaman pidana. Ikuti aturan masuk Bali, ini untuk menjaga Bali aman, nyaman dan sehat, ” ujar Kapolres asal Tabanan ini.

Baca juga :  Cegah Penyakit Ternak Babi, Petugas Keswan Gencar Sosialisasi

Sementara itu, jumlah kendaraan pribadi dan orang yang masuk Bali menurun dibanding tahun sebelumnya, namun sebagian besar yang masuk merupakan masyarakat yang sengaja berlibur dan merayakan Natal di Bali. (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini