YDN Tuntaskan Sosialisasi Visi Pemprov di 9 Kabupaten dan Kota

0
6
Picsart 12 27 12.44.16
DITUTUP - Penutupan Gerakan Satu Juta Krama Bali Nangun Sat Kerti Loka Bali ditutup pada Minggu (27/12/2020) di Wantilan Gedung Pers Bali K. Nadha, Denpasar.

Padangsambian Kaja, DENPOST.id

Yayasan Dharma Narada (YDN) telah menuntaskan sosialisasi visi Nangun Sat Kerti Loka Bali yang digagas Gubenur Bali, Wayan Koster. Capaian itu ditandai penutupan Gerakan Satu Juta Krama Bali dan Yowana Bali, pada Minggu (27/12/2020) di Wantilan Gedung Pers Bali K. Nadha, Denpasar.

Acara ini dihadiri pejabat Pemprov dan pejabat Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali. Meliputi Manggala Utama Pasikian Krama Istri (Pakis), Putu Putri Suastini Koster; Manggala Utama MDA Provinsi Bali, Ida Penglisir Agung Putra Sukahet; Ketua YDN, ABG. Satria Naradha dan Manggala Utama Pecalang Bali, Made Mudra.
Sedangkan secara virtual, kegiatan diikuti perwakilan Desa Adat, Yowana dan Krama di 9 kabupaten dan kota se-Bali.

Baca juga :  Pencuri Tas Mahasiswa Nyaris Tewas Diamuk Warga

Dalam sambutannya Satria Naradha mengucap terima kasih kepada Pemprov Bali yang telah mengakomodir kepentingan Krama Bali melalui visi yang harmonis dan holistik.
“Gubernur kita ini punya semangat baru. Menurut analisa pers, bahwa harapan masyarakat Bali sudah terangkum. Desa adat mangkin sudah masikian (bersatu). Maka, semoga peserta sosialisasi ini menjadi duta gerakan membumikan visi Gubernur Bali,” ujarnya di hadapan hadirin.

Dia menerangkan, Gerakan Satu Juta Krama Bali ini dalam rangka membumikan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali era Baru. Dia menyebut, Gubernur berharap pada tahun 2021 Bali telah menuju era baru. Hal tersebut ditandai dengan semakin sejahteranya masyarakat Bali secara holistik.

Baca juga :  Di Jalan Gatsu Barat Puluhan Pengendara Motor Terpaksa Putar Balik

Dalam laporannya, dia menyebutkan bahwa Gerakan Satu Juta Krama Bali telah ditindaklanjuti desa adat di kabupaten dan kota, salah satunya di Desa Samsam, Kerambitan, Tabanan. “Bendesa Samsam telah menginventarisir lahan warga yang tidak produktif, untuk dikembangkan sebagai lahan pertanian,” katanya.

Dari hasil inventarisir itu, kata Satria, Desa Samsam kini mendata kurang lebih 15 hektar lahan milik warga yang akan diarahkan untuk dijadikan lahan pertanian dengan metode Biodinamik. “Ini sesuai dengan wacana ketahanan pangan oleh Bunda Putri Koster, agar menanam di setiap jengkal tanah,” sambungnya.

Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet, dalam sambutannya mengaku bangga atas dukungan dari YDN dalam mewujudkan visi Pemprov Bali. Dia juga bangga melihat semangat Pakis Bali, Yowana dan Pecalang Bali yang pade baret (bertekad kuat) mendukung terwujudnya Bali era baru.
“Pakis itu jegeg, metaksu, dan medengen. Pecalang juga. Semua pade baret. Ini sesuai dengan spirit pembangunan Bali melalui visi Nangun Sat Kerti Loka Bali yang dimensinya sekala dan niskala,” terangnya.

Baca juga :  Tingkatkan Produktivitas Pekerja, DTKSK Denpasar Sosialisasikan Ini

Dalam kesempatan itu, khususnya kepada Yowana, dia mengingatkan agar tetap menjaga kerukunan di Bali.
Penutupan kegiatan ini ditandai dengan penyerahan penghargaan oleh Manggala Utama Pakis Provinsi Bali, kepada Yowana dan Krama Duta Nangun Sat Kerti Loka Bali yang telah mengikuti sosialisasi. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini