Gara-gara Ini, Banjir Kerap Landa Jalan Pulau Lombok

0
4
Picsart 12 27 07.22.29
BERSIHKAN LUMPUR - Petugas membersihkan lumpur pascabanjir, Minggu (27/12/2020) yang kerap melanda wilayah Jalan Pulau Lombok, Singaraja.

Singaraja, DENPOST.id

Banjir menjadi langganan wilayah Jalan Pulau Lombok, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Buleleng ketika musim hujan tiba.

Kepala BPBD Buleleng, Ida Bagus Suadnyana, Minggu (27/12/2020) menjelaskan drainase di wilayah tersebut, sebenarnya sudah cukup besar. Banjir yang terjadi disebabkan sumbatan sampah yang menutup drainase tersebut. Ada pula sampah-sampah kayu yang menyumbat drainase di wilayah ini. “Sampah-sampah kayu tersebut menyumbat beton di drainase yang dibuat oleh masyarakat. Rencana akan dibongkar sedikit berdasarkan hasil koordinasi dengan DPUTR,” kata Suadnyana.

Baca juga :  Rumpun Bambu Tumbang Halangi Jalan di Melinggih

Berbagai upaya dilakukan BPBD Buleleng dalam menghadapi cuaca ekstrim. Salah satunya dengan terus mengedukasi masyarakat dalam menghadapi cuaca ekstrim di musim penghujan ini. Termasuk bekerjasama dengan Disperkimta dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk melakukan pemangkasan pohon-pohon besar di pinggir jalan raya. “Semua kita lakukan. Pengoptimalan tim Reaksi Cepat juga dilakukan agar penanganan bencana yang bersifat insidental bisa segera dilakukan,” ucapnya.

Baca juga :  Polres Bangli Amankan 359 Liter Arak

Sementara Kepala DPUTR Buleleng, I Putu Adiptha Ekaputra menyebutkan pihaknya sudah memetakan potensi banjir di wilayah itu. Penyempitan juga terjadi di drainase wilayah Jalan Pulau Lombok dan sekitarnya. Sampah rumah tangga juga memperparah kondisi tersebut. Padahal DPUTR melalui tim drainase sebelumnya sudah rutin melakukan pembersihan. “Sampai dengan tadi pagi bersama-sama BPBD dan Disperkimta melakukan pembersihan lumpur,” sebutnya. (118)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini