Akhir Tahun, Harga Kebutuhan Pokok Stabil

0
2
Akhir Tahun, Harga Kebutuhan Pokok Stabil
SIDAK HARGA - Jajaran Disperindang Kabupaten Karangasem melakukan sidak harga di Pasar Amlapura.

Amlapura, DENPOST.id

Jelang berakhirnya tahun 2020, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karangasem melakukan sidak harga kebutuhan pokok ke Pasar Amlapura, Senin (28/12/2020). Hal ini untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan memantau lonjakan harga yang terjadi.

Kepala Disperindag Kabupaten Karangasem,  I Wayan Sutrisna, mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya, di tengah pandemi Covid-19 sejumlah harga kebutuhan pokok tampak stabil. “Bumbu dapur termasuk cabai harganya masih wajar, di bawah Rp 50 ribu. Bahkan, justru turun,” ungkapnya. Terkait stok, meski di tengah musim penghujan, barang-barang dikatakannya masih mudah diperoleh. Hal ini kemungkinan terjadi karena permintaan yang tak terlalu tinggi, ditambah dalam malam pergantian tahun diimbau untuk tak melakukan perayaan.

Baca juga :  Pergub-Perbub Prokes, Selain Denda, Pengusaha Bandel Dipublikasi di Media

Lebih lanjut ia menuturkan, dalam sidak ia menemukan dua kebutuhan yang harganya terbilang mahal. Yaitu telur dan daging ayam. “Ayam masih dalam kisaran Rp 46-50 ribu, itu termasuk mahal. Bahkan kemarin juga sempat terjadi kelangkaan stok telur dan ayam. Namun setelah Natal sudah kembali normal,” katanya.

Kondisi ini menurut Sutrisna masih dalam harga wajar. “Kami punya sistem yang mengetahui berapa harga di distributor. Jika kami bandingkan dengan harga di Pasar Amlapura, masih terbilang wajar. Pedagang mengambil laba antara Rp 4-5 ribu rupiah,” imbuhnya.

Baca juga :  Koster Dapat Apresiasi dari Petani Arak

Dia berharap hingga pergantian tahun nanti, kondisi kebutuhan pokok masih tetap stabil. Tak hanya itu, ia juga berharap stok masih dalam keadaan aman sehingga tak menimbulkan lonjakan harga. “Kami tetap lakukan pemantauan setiap Senin dan Kamis. Kami selalu pastikan pedagang tak terlalu berbeda jauh memberi harga dari harga distributor, ” pungkasnya. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini