Cegah WNA Berkerumun, Kodam IX/Udayana Sinergi Bersama Imigrasi

0
24
Picsart 12 29 07.51.19
Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Dauh Puri, DENPOST.id

Pemerintah Provinsi Bali telah menerbitkan Surat Edaran Gubernur Bali No. 2021 Tahun 2020, yang salah satunya melarang gelaran pesta saat malam Tahun Baru 2021. Kebijakan itu berlaku terhadap seluruh masyarakat Bali, termasuk kepada para warga negara asing (WNA).

Sebagai bagian dari Satgas Penanganan Covid-19, Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak mendukung penuh penerapan kebijakan itu. Dalam penerapannya, pihaknya akan bersinergi bersama Imigrasi Provinsi Bali. “Karena banyaknya yang bilang warga negara asing yang tidak taat, kami juga mengajak orang Imigrasi. Jadi mulai malam ini, mungkin kami akan didampingi Imigrasi supaya komunikasi lebih baik,” terangnya.

Baca juga :  Sebelum Sandar, Kapal Asing Dikarantina Dua Mil dari Pelabuhan

Terkait sanksi, dia menyebutkan itu telah diatur dalam aturan Pergub No. 46 Tahun 2020. Di mana, perorangan yang melanggar prokes didenda Rp100 ribu, sedangkan bagi tempat usaha didenda Rp1 juta. Dia menerangkan, masifnya penerapan prokes di Bali tidak saja dalam rangka memrioritaskan aspek kesehatan masyarakat. Lebih dalam dari itu, penerapan prokes akan menjadi tolok ukur menguatkan alasan bahwa pariwisata di Bali dapat dibuka bagi wisatawan mancanegara.

Baca juga :  PPDB Dipusatkan Daring, Disdikpora Beri Kelonggaran

Maka dari itu, dia mengajak masyarakat dapat mendukung upaya tersebut dengan disiplin menerapkan prokes. “Kami berharap tidak ada yang membuat acara tahun baru. Tahun baru di rumah saja dengan kelompok-kelompok kecil, bersyukurlah udah lewat tahun ini kita masih sehat,” ungkapnya.

Kendati telah melakukan imbuan secara masif, pada malam tahun baru personelnya akan terlibat dalam patroli gabungan. “Nanti kita patrolikan malam tahun baru. Mungkin lebih banyak yang patroli sehingga masih bisa tercover,” tegasnya. Aparat yang akan terlibat dalam patroli itu, meliputi TNI, Polri, pecalang, Satpol PP, Imigrasi dan aparat terkait lainnya. (106)

Baca juga :  Ketiga Kalinya, Togar Situmorang Jadi Narasumber Webinar LBH Pemuda Sejati

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini