Razia Prokes Berakhir, Tim Yustisi Raup Denda Rp 79,8 Juta

0
5
Razia Prokes Berakhir, Tim Yustisi Raup Denda Rp 79,8 Juta
OPERASI – Satpol PP Kota Denpasar saat menggelar operasi penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes) di Jl. Gunung Batur, Kelurahan Pemecutan, Denbar, Rabu (30/12/2020).

Pemecutan, DENPOST.id

Razia protokol kesehatan (prokes) yang digelar Tim Yustisi Kota Denpasar berakhir Rabu (30/12/2020). Sejak razia dilaksanakan pada 7 September hingga hari ini, tim yustisi sudah meraup denda senilai Rp 79,8 juta.

Kasatpol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga, di sela-sela operasi gabungan prokes di Jl. Gunung Batukaru, Kelurahan Pemecutan, Denpasar Barat, mengatakan, selama 4 bulan menggelar razia, sebanyak 1.819 pelanggar terjaring. 798 warga didenda masing-masing Rp 100 ribu karena tanpa memakai masker dan 989 warga diberi peringatan sekaligus pembinaan karena salah memakai masker. Selain itu ada 33 warga yang diajukan ke sidang tindak pidana ringan (tipiring) karena berulangkali diberi peringatan namun tetap membendel tidak mau mematuhi prokes. ”Selama razia prokes warga yang terjaring dan didenda 99 persen warga dari luar Kota Denpasar,’’ ungkap Anom Sayoga.

Baca juga :  30 PKK Dentim Diuji Cepat, Satu Orang Reaktif

Dia menjelaskan, selama razia prokes di perbatasan Kota Denpasar, paling banyak warga luar Denpasar yang terjaring. Pasalnya, Denpasar sebagai pusat perdagangan dan perekonomian sehingga mobilitas warga pendatang cukup banyak meskipun masih pandemi Covid-19. ”Kami tidak hanya menggelar razia prokes di jalan raya, namun menyasar pasar tradisional dan tempat keramaian. Mengingat Denpasar masuk zona oranye, pengawasan perlu diperketat guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dari luar,’’ jelas Anom Sayoga.

Baca juga :  Sembuh, Semua Warga Serokadan yang Positif Corona

Dia menambahkan, razia prokes yang dilaksanakan di Jl. Gunung Batukaru bersama Dishub, TNI, Polri dibantu aparat Kelurahan Pemecutan, pecalang dan linmas menjaring 20 pemotor. 5 orang di antaranya didenda dan 15 orang diberi peringatan sekaligus hukuman fisik karena salah memakai masker.”Kami minta masyarakat tetap waspada dan hati-hati saat ke luar rumah, selalu mematuhi 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan atur jarak agar terhindar dari penuaran virus corona,’’ sarannya. (103)

Baca juga :  Bantah Covid-kan Pasien, Warga Diminta Tak Ragu ke RS Negara

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini