Pandemi, Kriminalitas di Karangasem Menurun

0
2
Picsart 01 01 03.07.07
Kapolres Karangasem, AKBP Ni Nyoman Suartini.

Amlapura, DENPOST.id

Pandemi Covid-19, yang berdampak pada meningkatnya angka pengangguran tak serta merta membuat angka kriminalitas tinggi. Kabupaten Karangasem sebagai salah satu wilayah yang terdampak Covid-19, justru mencatat angka kriminalitas yang lebih rendah dari tahun sebelum pandemi.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Karangasem, AKBP Ni Nyoman Suartini. Diwawancarai, Kamis (31/12/2020) Suartini mengungkapkan dibanding tahun 2019, terjadi penurunan sebanyak sembilan kasus kriminalitas dari tahun sebelumnya. “Pada tahun 2019 total ada 110 kasus dan di tahun 2020 menurun menjadi 101 kasus, ” ungkap Suartini.

Baca juga :  Babi Mati Mendadak Kian Meluas di Karangasem

Suartini menilai, kondisi ini disebabkan karena berbagai faktor. Salah satunya karena masyarakat yang dominan beraktivitas di lingkungan rumah. “Dahulu banyak yang bekerja merantau, sehingga rumah dalam keadaan kosong menyebabkan banyak yang mencari kesempatan. Namun, selama pandemi masyarakat banyak yang memilih tinggal di rumah,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Polwan asal Gianyar ini juga mengungkapkan budaya pamer barang-barang mewah yang jarang ditemui saat pandemi juga menjadi salah satu faktor. “Pamer menggunakan barang-barang mewah juga sering menjadi pemicu terjadinya tindakan kriminalitas. Dalam masa pandemi ini, hal tersebut minim terjadi karena situasi ekonomi yang memang sedang sulit,” ujarnya.

Baca juga :  Bebotoh Jangkrik Digerebek di Tegalan, Dua Orang Diamankan

Tak hanya sebab dari warga, Suartini menambahkan intensitas pihak kepolisian dalam melakukan patroli dalam mencegah tindak kriminalitas juga jadi salah satu faktor. “Anggota kami banyak yang melakukan langkah antisipasi. Artinya seseorang yang baru berniat mencuri sudah dicegat duluan sama anggota. Apalagi di tengah pandemi kami terus berjaga ekstra, sehingga keadaan masyarakat menjadi lebih kondusif, ” ujarnya.

Pihaknya berharap kondisi ini akan terus bisa dipertahankan dan ditingkatkan. (yun)

Baca juga :  Upaya Niskala Tangani Pandemi, Bali akan Gelar Pakelem Samudra

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini