Empat Hari, 800 Ton Sampah Kiriman Diangkut ke TPA

0
3
Empat Hari, 800 Ton Sampah Kiriman Diangkut ke TPA
MEMBELUDAK – Petugas DLHK Badun saat menangani sampah kiriman yang membeludak di Pantai Kuta.

Kuta, DENPOST.id

Sampah kiriman masih terus berdatangan ke Pantai Kuta. Pantauan di lokasi Senin (4/1/2021) pagi, sampah masih menyebar hampir di seluruh pantai berpasir putih tersebut. Sampah yang datang kali ini didominasi oleh sampah plastik. 8 alat berat yang dikerahkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung masih bolak-balik mengangkut sampah untuk dikumpulkan di satu titik yakni depan Setra Agung Desa Adat Kuta.

Kasi Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Bagian Sampah, Putu Suantara, mengungkapkan, kedatangan sampah dalam 4 hari ini jumlahnya berbeda-beda. Dicontohkannya, untuk tanggal 1 Januari volumenya masih sedikit hanya 90 truk. Sedangkan pada puncaknya yakni Minggu (3/1/2021) mencapai 130 truk. “Jika dirata-ratakan, sampah yang diangkut per hari sekitar 100 truk. Itu diangkut dalam 3 kali bolak balik ke TPA. Kalau jumlah tonnya sekitar 800 ton,” paparnya.

Baca juga :  Atlet Surfing Tewas Saat Latihan Pernafasan

Kadis LHK Badung, Wayan Puja, menerangkan, kendati sampah terus berdatangan, sejauh ini tidak ada kendala yang dihadapi dalam proses pembersihannya. Ada 6 loader dan 2 Beach Cleaner yang dikerahkan dalam penanganan sampah kiriman ini. “Biasanya kalau habis hujan semalam, paginya pasti sampahnya banyak yang datang, seperti saat ini,” katanya.

Pada musim angin barat, sambung dia, memang hampir semua pantai di Badung bagian barat mendapat sampah kiriman. Karenanya dia menerjunkan ratusan personil yang tugasnya dijadwal secara bertahap.

Baca juga :  Trek-Trekan Saat Wabah Corona, Belasan Muda-Mudi Ditangkap

Agar penanganan sampah lebih maksimal, kata Puja, idealnya ada 6 beach cleaner. “Tapi sejauh ini tidak ada kendala,” pungkasnya. (113)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini