1.600 Warga Klungkung Jadi Sasaran Vaksin, Begini Persiapan Diskes

0
6
1.600 Warga Klungkung Jadi Sasaran Vaksin, Begini Persiapan Diskes
Kadiskes Klungkung, dr. Made Adi Swapatni

Semarapura, DENPOST.id

Ribuan warga di Kabupaten Klungkung akan disasar vaksin Covid-19. Mereka yang menjadi prioritas mendapatkan vaksin merupakan pada tenaga kesehatan (nakes). Tapi tidak semua nakes yang menjadi sasaran bisa mendapat vaksin. Karena mereka yang memiliki sakit penyerta seperti jantung, hipertensi dan lainnya tidak bisa mendapatkan vaksin.

“Mekanisme untuk mendapatkan vaksin panjang, tidak hanya disuntik. Ada pendaftaran administrasi dan ada aplikasinya juga. Yang dapat juga tergantung aplikasi. Jika punya penyakit penyerta maka tidak dapat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Klungkung, dr. Made Adi Swapatni, Selasa (5/1/2020).

Baca juga :  9 dari 20 Pasien Positif Asal Karangasem Sembuh

Menurut Swapatni, sejauh ini dirinya belum mengetahui berapa jumlah vaksin Covid-19 yang akan diterima Klungkung. Hanya saja, ada sekitar 1.600 orang yang menjadi sasaran untuk mendapatkan vaksin. Mereka yang mendapatkan vaksin semua tenaga kesehatan yang bertugas di rumah sakit dan puskesmas.

“Pemberian vaksin dilakukan bertahap dan ada batasannya. Sehari bisa 10 sampai 15 orang yang divaksin. Infonya acara seremonialnya akan dilakukan tanggal 14 dan 15 Januari nanti,” katanya.

Baca juga :  Doni Ditemukan, Fredy Diduga Manfaatkan Keluguan Ayah Korban

Lebih lanjut Swapatni mengatakan, Dinas Kesehatan Klungkung telah menyiapkan Instalasi Farmasi dan Puskesmas untuk menyimpan vaksin Covid-19 jika telah didistribusikan ke Klungkung. Tempat penyimpanan itu dikatakan sudah sesuai standar.

“Kalau nanti dapat vaksin sedikit, kita akan simpan di instalasi farmasi. Kalau banyak kita sebar di Puskesmas biar tidak terjadi penumpukan,” tandasnya. (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini