Libatkan Pengusaha Hotel, Desa Adat Kuta Bersihkan Sampah Kiriman

0
3
Picsart 01 06 08.45.35
SAMPAH KIRIMAN - Sampah kiriman yang terus berdatangan ke Pantai Kuta.

Kuta, DENPOST.id

Desa Adat Kuta terus berupaya mengatasi sampah kiriman yang menyerbu Pantai Kuta. Salah satunya dengan menggandeng kalangan hotel yang ada di Kuta. “Mulai hari ini (Rabu-red) kita sudah libatkan hotel yang ada di Kuta untuk bersama-sama membersihkan sampah kiriman yang datang,” ujar Bendesa Adat Kuta, Wayan Wasista, Rabu (6/1/2021).

Wasista memaparkan untuk menghindari kerumunan, pihaknya melakukan pola dengan melibatkan 10 hotel setiap hari. Hal ini dilakukan secara bergiliran setiap hari, di samping dari masyarakat dan DKP. “Jadi, setiap hari kami ada kegiatan bersih-bersih di samping pedagang pantai. Jadinya kan berkelanjutan. Daripada ramai-ramai sekali tapi terus berhenti kan juga sia-sia,” ujarnya.

Baca juga :  Disparda Badung Ajak Kaum Milenial Explor Destinasi Wisata

Selain itu, sambung Wasista ada usulan dari masyarakat agar sebaiknya alat berat yang digunakan membersihkan sampah tersebut, diparkir atau diinapkan di kawasan depan Setra Desa Adat Kuta. Tujuannya untuk memudahkan pergerakan ketika sampah kiriman datang. “Kami punya lahan cukup luas sekitar 10 hektar, itu bisa dimanfaatkan sedikit untuk memarkir alat berat yang ada. Kami siap untuk itu,” imbuhnya.

Hal ini juga untuk memudahkan alat berat ini keluar masuk pantai melalui akses di sebelah setra tersebut. “Kami belum koordinasi dengan pihak DLHK, kalau memang nantinya diperlukan kami siap memfasilitasi,” ucapnya.

Baca juga :  Lab PCR RSUD Klungkung Siap Beroperasi

Di bagian lain dia juga membantah sebuah statemen yang mengatakan kalau sampah yang menumpuk itu adalah hasil dari kunjungan masyarakat saat tahun baru. “Itu sama sekali tidak benar dan harus diluruskan. Karena sampah ini adalah sampah kiriman yang datangnya dari luar Kuta. Baik dari aliran sungai di daerah lain di Bali, yang menuju laut maupun dari luar Bali,” tegasnya. (113)

Baca juga :  Maksimalkan Pengawasan Prokes di Pantai Kuta, Desa Adat Terjunkan Pecalang

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini