Peserta Vaksinasi Jalani Empat Tahapan

0
5
Picsart 01 07 11.01.28
Direktur SDM, Pendidikan dan Penilitian RSUP Sanglah, Dr. dr. Ketut Surya Negara

Sanglah, DENPOST.id

Tentang skema vaksinasi, Direktur SDM, Pendidikan dan Penilitian RSUP Sanglah, Dr. dr. Ketut Surya Negara, melalui siaran video pada Rabu (6/1/2021) menerangkan, ada empat tahapan dan meja yang akan dilalui para tenaga kesehatan (nakes) yang akan divaksin.

Meja pertama, terangnya, tahap registrasi dan tempat menunggu giliran yang telah diskema sesuai dengan prokes. Meja kedua, tahap skrining. Pada tahap ini, nakes akan menjalani analisis, pemberian edukasi dan informasi. “Sasaran yang memiliki komorbid (penyakit penyerta) akan dikeluarkan sebagai sasaran vaksinasi,” katanya.

Baca juga :  Polisi Telusuri Oknum Pembuang Bayi di Pantai Pemuteran

Sementara pemberian vaksinasi akan diberikan di meja ketiga. Pada tahap ini akan disediakan lebih dari satu meja untuk melancarkan jalannya vaksinasi. Setelah pemberian vaksin, para nakes akan menempati ruang tunggu di meja empat selama 30 menit. Tahap ini merupakan observasi untuk mengetahui respons nakes.

Sementara itu, sebelum vaksinasi dilaksanakan, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah telah menyediakan 13 tempat penyimpanan vaksin berkapasitas 3.000 vaksin multidus. “Kita sudah siapkan tempat vaksinasi dan tempat penyimpanan vaksin. Untuk tempat vaksinasi, kita menyiapkan enam titik,” terang Surya Negara.

Baca juga :  Negatif Corona, Dua Pasien Dipulangkan

Jumlah tersebut, kata dia, telah ideal dengan jumlah tenaga kesehatan yang mencapai 2.886. Maka dalam sehari, akan ada 100 nakes yang akan divaksin, sehingga dapat ditarget rampung dalam enam hari. “Masalah distribusi vaksinnya nanti, kita sudah koordinasikan secara internal,” ujarnya.

Hingga Rabu kemarin dia menyatakan bahwa RSUP Sanglah siap menerima kedatangan vaksin, khususnya penyimpanan vaksin yang sesuai standar. Memastikan jalannya penyaluran, penyimpanan vaksin dan vaksinasi, Surya Negara menyebutkan pihaknya telah melakukan simulasi.

Baca juga :  Pedagang Pasar di Denpasar Keluhkan Pedagang Bermobil

Simulasi itu, kata dia, melibatkan semua unsur bidang yang merupakan bagian dari tahapan vaksinasi, meliputi petugas farmasi, nakes dan sarana prasarana vaksinasi. Dalam pengadaan vaksin, RSUP Sanglah akan mengajukan permohonan kepada Dinas Kesehatan Kota Denpasar.
“Pengajuannya resmi. Jadi, nanti ada tanda bukti bahwa kita mengajukan dan telah menerima vaksin. Kita harapkan proses vaksinasi berjalan baik,” ungkapnya. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini