Kapolres Gianyar Bikin Terobosan, Satu Banjar Satu Polisi

0
7
Kapolres Gianyar Bikin Terobosan, Satu Banjar Satu Polisi
Kapolres Gianyar, AKBP Dewa Made Adnyana

Gianyar, DENPOST.id

Polres Gianyar di bawah pimpinan AKBP Dewa Made Adnyana, membuat terobosan baru. Di mana satu banjar di Kabupaten Gianyar ditugaskan satu orang polisi. Polisi yang bertugas di masing-masing banjar disebut Bhayangkara Pembina Banjar (Bhabinjar). Anggota Bhabinjar ini berasal dari banjar setempat, atau dari banjar lain, namun masih dalam satu desa.

Bhabinjar ini bertugas di luar jam dinas untuk memberikan pendampingan di banjar binaanya, khususnya dalam mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes). Selain itu, Bhabinjar juga membantu menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di banjar serta memperkuat polisi desa (Bhabinkantibmas).

Baca juga :  Gubernur Nilai Kebijakan PSBB Belum Perlu di Bali

Dewa Made Adnyana menjelaskan, dalam tugasnya, Bhabinjar ini mendampingi para kelian banjar. Karenanya anggota Bhabinjar diusahakan dari warga banjar setempat dalam satu desa. “Apabila dalam satu desa tidak ada anggota polisi, bisa ditugaskan polisi dari luar desa terdekat,” terangnya.

Dikatakan Adnyana, dari 539 banjar yang ada di Kabupaten Gianyar hingga kini sudah terisi 440 orang personel Bhabinjar. Sementara sisanya lagi 99 banjar sedang diupayakan. “Tugas Bhabinjar di antaranya mendampingi kelian banjar dalam setiap kegiatan sosial, budaya, adat, bencana alam. Membantu menyelesaikan permasalah-permasalahan yang terjadi di banjar serta mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Juga membantu tugas-tugas  Babhinkamtibmas,” paparnya. (116)

Baca juga :  OTG, Istri Satpam Asal Guwang Dijemput Satgas

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini