Tak Ada Klaster Pilkada, Penyebaran Terjadi di Keluarga

0
4
Tak ada Klaster Pilkada, Penyebaran Terjadi di Keluarga
Sekda Kabupaten Karangasem, Ketut Sedana Merta

Amlapura, DENPOST.id

Penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada Karangasem, ternyata berhasil membantah prediksi akan munculnya klaster baru usai Pilkada. Melonjaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Karangasem justru berkembang dari klaster keluarga.

Hal tersebut diungkapkan Sekda Kabupaten Karangasem, Ketut Sedana Merta, diwawancarai Rabu (7/1/2021). “Transmisi Pilkada tak membuat terjadi lonjakan kasus signifikan,” ungkapnya. Sedana Merta menekankan, penyebaran masih terjadi secara transmisi lokal antarkeluarga. Khususnya lonjakan kasus yang terjadi pada pekan ini, rata-rata menjangkit 1 keluarga.

Baca juga :  Sebuah Rumah di Pesagi Terbakar, Ini Nilai Kerugiannya

“Misalnya ada yang datang dari wilayah zona merah, entah dia bertamu atau pulang kampung. Kembali ke rumah lalu menyebarkan ke keluarga terdekat,” ungkapnya. Tak hanya itu, maraknya kembali pelaksanaan upacara agama, seperti pernikahan yang mengabaikan prokes juga jadi penyebab. “Saya kembali menekankan pada warga lewat tokoh masyarakat, tokoh agama agar kembali peduli. Biar saya dibilang menyel (cerewet) tidak apa-apa karena ini penting, ” imbuhnya.

Baca juga :  Pasar Subagan Segera Berlantai Dua

Ia menambahkan, dalam waktu dekat akan berkoordinasi kembali dengan satgas tingkat desa hingga kecamatan agar kembali berupaya menegakkan prokes. “Kini tak hanya menekankan 3 M tapi juga 4 M. Yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan,” tegasnya. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini