Tangani Sampah di Pesisir, Komisi III Minta LHK Segera Studi Literasi

0
8
Picsart 01 07 06.41.42
Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali, AA Ngurah Adhi Ardhana.

Sumerta Klod, DENPOST.id

Komisi III DPRD Provinsi Bali, mendorong Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bali untuk melakukan studi literasi dengan data arus atau oceanografi. Hal itu, berkaitan penanganan sampah di pesisir Bali yang dipengaruhi arus barat dan timur.

Langkah itu, bertujuan mengumpulkan informasi awal untuk mengetahui sumber sampah, sehingga dinas dan pemerintah daerah dapat memetakan tindakan dan pendanaan. Pesan itu, disampaikan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali, AA Ngurah Adhi Ardhana dalam pertemuan bersama pejabat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bali, Kamis (7/1/2021) di Gedung DPRD Provinsi Bali.

Baca juga :  Termohon Belum Hadir, Sidang Kasus Praperadilkan di PN Denpasar Ditunda

“Dengan data-data yang sudah dimiliki dan lebih dalam lagi dengan penelitian bekerjasama dg lembaga perguruan tinggi, seperti ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), sehingga dapat memperkirakan asal sampah yang setiap tahun menjadi momok warga dan pemerintahan setempat,” ujar Adhi Ardhana usai rapat.

Dia menerangkan, selama ini sampah kiriman yang dibawa arus barat bermuara di Pantai Kuta dan sekitarnya, sedangkan arus timur bermuara di Pantai Sanur dan sekitarnya sesuai waktu musim yang dilalui di Bali.

Baca juga :  Cegah Klaster Baru, Jalan Gajah Mada Dijaga 24 Jam

Selanjutnya, pihaknya akan menyiapkan rapat kerja dengan seluruh unsur terkait. Selain Dinas LH dan Perhutanan juga akan dilibatkan PUPR, Balai Besar Sungai dan lembaga terkait tingkat kabupaten/ kota maupun provinsi. “Targetnya pada musim berikutnya sudah ada hasil yang signifikan, time frame studi dan langkah tindakan kedepan disepakati Februari akhir,” ungkapnya. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini