PPKM, Bantuan Tunai di Badung Belum Cair

0
5
PPKM, Dana Tunai di Badung Belum Cair
Nyoman Giri Prasta

Mangupura, DENPOST.id

Rencana pemberian bantuan dana tunai selama Pemberlakukan Pembatasan  Kegiatan Masyarakat  (PPKM) di Kabupaten Badung, rupanya belum cair. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Badung, Ketut Sudarsana, Senin (11/1/2021) mengaku siap menjalankan kebijakan yang sudah disampaikan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta. “Saya masih melakukan koordinasi dengan bapak Sekda terkait kapan nantinya pembagian dana tunai ini secara simbolis serta prosesnya,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, jumlah Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Badung tercatat 128 ribu. Namun, tidak semua KK yang tercatat mendapat bantuan tunai lantaran berdasarkan aturan tidak diperbolehkan menerima bantuan berturut-turut. “Data ini dikurangi bantuan Kemensos yang masih tetap berjalan, termasuk pensiunan kan tidak boleh dapat bantuan lagi, karena tidak boleh dobel pemberian, nah kurang lebih itu ada 35 ribu, jadi dikurangi saja,” terangnya.

Baca juga :  PHRI Badung Dukung Kebijakan Pusat

Sudarsana  menegaskan, sejatinya pihaknya telah siap menyalurkan bantuan tersebut. Bahkan, masyarakat yang akan menerima bantuan tinggal membuat rekening. “Atas kebijakan bapak Bupati diberikan dalam transfer dana sesuai dengan apa yang diamanatkan Pusat, tidak dalam bentuk sembako, jadi tinggal membuat rekening saja,” jelasnya.

Terkait kapan bantuan Rp 300 ribu tersebut akan dicairkan, Ketut Sudarsana mengatakan menunggu perintah pimpinan.

Sebelumnya, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta mengatakan akan mengalihkan bantuan sembako yang biasa diberikan ke bantuan tunai. Dia menilai, pemberian bantuan berupa sembako memerlukan mekanisme panjang. “Kalau saya tunai sajalah, mungkin selama dua Minggu (dari 11 Januari hingga 25 Januari) kita beri Rp 300 ribu misalnya atau berapa nanti dibelanjakan oleh masyarakat, bukan sembako. Saya kira itu (pemberian sembako) agak ribet bagi saya,” ungkapnya. (115)

Baca juga :  Dua Pasien Virus Corona Meninggal Dunia

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini