Dishub Gianyar Dilengkapi Ruang Pusat Kendali ATCS

0
2
Dishub Gianyar Dilengkapi Ruang Pusat Kendali ATCS
KUNJUNGAN - Kasi Prasarana BPTD XII Provinsi Bali, Boy Nurdin, diterima Wakil Bupati Gianyar, AA Gde Mayun didampingi Kadishub Gianyar, I Wayan Suamba, saat berkunjung ke Kantor Dinas Perhubungan Gianyar, Senin (11/1/2021).

Gianyar, DENPOST.id

Untuk memantau dan mengendalikan lalu lintas pada tiap persimpangan di Kabupaten Gianyar, Dinas Perhubungan (Dishub) Gianyar kini  dilengkapi ruang pusat kendali Area Traffic Control System (ATCS). Selain itu, ada penambahan pemasangan CCTV yang lebih canggih di lima persimpangan yakni persimpangan Alun-alun Gianyar, persimpangan BPD, persimpangan RS Sanjiwani, persimpangan Bitera dan Persimpangan Buruan.

Ruang pusat kendali beserta perangkatnya ini  merupakan bantuan dari  Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Provinsi Bali dan NTB tahun 2020. Kasi Prasarana BPTD XII Provinsi Bali, Boy Nurdin, mengatakan, ATCS adalah  sebuah sistem yang dipergunakan untuk mengendalikan lalu lintas di persimpangan dan mengatur rangkaian persimpangan di dalam suatu kawasan terbatas,” terangnya saat melakukan kunjungan ke Kantor Dishub Gianyar, Senin (11/1/2021).

Baca juga :  Taat Prokes, Desa Adat Temen Zero Covid-19

Boy berharap, dengan adanya bantuan ini, aktivitas lalu lintas setiap persimpangan bisa dipantau setiap hari.

Sementara Wakil Bupati Gianyar, AA Gde Mayun, yang menerima kunjungan Boy Nurdin mengatakan, dengan bantuan kamera yang ditempatkan di persimpangan, maka aktivitas persimpangan dapat dipantau dan dikendalikan dari jarak jauh. “Media ini juga dilengkapi dengan fasilitas  Road Safety Public Announcer (RSPA) untuk sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas, tertib di jalan, penggunaan helm dan lainnya, serta dapat juga untuk sosialisasi dan publikasi terkait protokol kesehatan,” paparnya. (116)

Baca juga :  Pujawali di Pura Taman Pule Hanya Libatkan Pangempon

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini