Vaksin Covid-19 Tiba di Badung, Ini Kata Giri Prasta

0
4
Vaksin Covid-19 Tiba di Badung, Ini Kata Giri Prasta
VAKSIN-Vaksin Covid-19 saat tiba di UPT Instalasi Farmasi di Abiansemal, Selasa (12/1).

Mangupura,DenPost

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Badung akan dilaksanakan secara simbolis, Jumat (15/1). Kabupaten Badung mendapat jatah 11.080 vaksin sinovac untuk 5.540 sasaran penerima vaksin. Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Ketua DPRD Badung I Putu Parwata menjadi penerima vaksin perdana. Mereka pun menyatakan siap untuk disuntik vaksin.

Bupati Giri Prasta yang diwawancarai, Rabu (13/1) mengatakan siap untuk divaksin yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 15 Januari 2021 di Puskesmas Abiansemal I. “Saya pastikan tanggal 15 Januari Giri Prasta siap divaksin sebagai bupati,” tegasnya usai rapat koordinasi terkait rencana pemberian bantuan kepada masyarakat selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Puspem Badung.

Ia juga mengatakan, siap dengan segala risiko yang dihadapi ketika menerima vaksin tersebut. “Sebagai pemimpin yang baik kita juga pendengar yang baik dan siapa pun menjadi pemimpin harus menjadi contoh bukan sekadar memberi. Misalnya saya harus menjadi contoh saya divaksin saya siap, sehingga nanti masyarakat tidak ragu lagi, artinya bupati saja mau divaksin,” ujarnya.

Baca juga :  Badung Tambah Ruang Isolasi dan Rumah Singgah

Hal senada juga dikatakan, Ketua DPRD Badung Parwata. Ia mengakui sangat siap sekali untuk disuntik vaksin. “Kalau memang saya dinyatakan bisa divaksin silakan saya suntik vaksin saya berani paling pertama. Namun untuk hasil screening masih dikaji. Kalau hasilnya saya bisa divaksin, silakan disuntik,” tegasnya.

Kabupaten Badung telah menerima vaksin sinovac, Selasa (12/1) sekitar pukul 14.00. Pemerintah Kabupaten Badung menjemput vaksin tersebut dari Pemerintah Provinsi Bali. Penjemputan vaksin tersebut dikawal oleh Satuan Brimob Polres Badung menuju tempat penyimpanan di UPT Instalasi Farmasi di Abiansemal. Begitu vaksin tiba, tak berselang lama petugas instalasi setempat langsung membawa vaksin ke ruang khusus yakni di cold room.

Baca juga :  Terapkan Prokes, Wisdom Ramai Berdatangan Lewat Bandara

Cold room tersebut berada lantai 2 dan ketika vaksin covid-19 sudah diterima, suhu diatur antara 2 sampai 8 derajat Celcius. Sebelum diisi vaksin, cold room disetting dengan suhu 4 derajat Celcius untuk menjaga kestabilan alat. Selama disimpan, vaksin tersebut tetap dijaga ketat oleh petugas keamanan setempat maupun dari unsur kepolisian.

“Kami telah menerima vaksin 11.080 itu untuk dua kali penyuntikan. Jumlah tersebut untuk sasaran yang vaksin ada 5.540 penerima,” jelas Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Badung, dr. I Nyoman Gunarta yang juga ikut membawa vaksin tersebut.

Baca juga :  Perampok Bersenjata Golok Ditembak Polisi

Pemberian vaksinasi perdana sudah disepakati di Pemerintah Pusat pada tanggal 13 Januari 2021, di Pemprov Bali pada tanggal 14 Januari, dan di Badung sudah sepakat dengan pada tanggal 15 Januari yang dipusatkan di Puskesmas Abiansemal I. Bahkan pihaknya juga telah mengirim 10 nama ke pemerintah pusat. Penerima vaksin perdana ini antara lain kepala daerah, wakil kepala daerah, Ketua DPRD Badung, Kapolres Badung, Kadiskes Badung, Direktur RSD Mangusada, Ketua Organisasi Profesi Kesehatan, dan Kasatpol PP.(115)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini