Koster Akui Sempat Cemas Sebelum Divaksin, Kadiskes Sebut Wajar

0
4
Koster Akui Sempat Cemas Sebelum Divaksin, Kadiskes Sebut Wajar

Sanur, DenPost

Gubernur Bali, Wayan Koster telah menjalani vaksinasi Covid-19 pada Kamis (14/1) di Rumah Sakit Bali Mandara, Denpasar. Dia menjadi orang pertama dari belasan petinggi di Bali yang divaksin. Seluruh tahapan dilaluinya dengan lancar. Diawali registrasi, wawancara 16 pertanyaan.

Tahap penyuntikan vaksin hingga menjalani tahapan evaluasi selama 30 menit. Hingga seluruh tahapan tuntas, tak ada kendala yang dialaminya. Sama halnya dengan pejabat lainnya. Namun ada fakta menarik pada sesi wawancara. Koster menyebutkan sehari sebelum vaksin sempat merasa cemas dan tegang.

Baca juga :  Gas Macet, Pemotor Lepaskan Motor ke Tukad Anggabaya

“Saya sendiri, terus terang, sejak kemarin malam agak ngeri-ngeri sedap. Tapi ternyata tadi, dengan diiringi doa yang baik untuk menjalankan kegiatan ini, meyakinkan masyarakat bahwa vaksinasi ini adalah pilihan terbaik untuk menjaga imunitas tubuh kita dan menurunkan risiko penularan Covid-19,” ujarnya.

Terhadap kecemasan Gubenur, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya menilai hal tersebut manusiawi dan wajar. “Manusiawi kalau orang akan disuntik, apalagi belum pernah disuntik, takut ya. Apalagi ada macam-macam berita hoaks, bahkan disebut akan ada gejala berat,” terang Suarjaya.

Baca juga :  Dukung Pilkada di Masa Pandemi, Korem Atensi Penerapan Prokes

Dia menyebut, selain kampanye vaksinasi, kegiatan ini juga diharapkan menguatkan psikologi masyarakat agar semakin yakin bahwa vaksin yang nantinya akan disebar ke publik merupakan vaksin yang aman. Langkah heroik Presiden Jokowi juga dipandangnya memberi dampak psikologi yang baik kepada masyarakat.

“Sebenarnya sangat diuntungkan kita divaksin. Imun kita akan naik, kalau sudah imun naik, virus yang masuk kan akan tertahan. Astungkara kita tidak tertular oleh virus ini,” ungkapnya. Dia menambahkan, vaksin akan diberikan dua dosis kepada setiap orang dengan rentang waktu 14 hari setelah vaksin pertama. (106)

Baca juga :  Kejahatan Jalanan Merajalela, Giliran WNA Dijambret di Kuta Utara

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini