Warga Pengembungan Lakukan Rapid Test Antigen 

0
4
Konsep Otomatis

Gianyar, DenPost

Belum lama ini puluhan warga Banjar Pengembungan, Desa Pejeng Kangin, Tampaksiring, Gianyar terpapar Covid 19. Untuk memastikan data dan mencegah penyebaran Covid-19, Pemkab Gianyar melakukan rapid tes antigen terhadap 835 warga setempat. Rapid tes antigen digelar di empat tempat, Kamis (14/1/2021)

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gianyar, Anak Agung Anom Sukamawa mengatakan rapid tes antigen dilakukan di banjar Pengembungan karena belum lama ini puluhan warga banjar setempat terpapar Covid-19. Sedikitnya 24 warga terpapar Covid -19 dari klaster keluarga. Mereka sudah menjadi perawatan di rumah sakit, sebagian sudah dikarantina.

Baca juga :  Seka Teruna Gianyar Diajak Olah Sampah Kompos

Pemkab Gianyar melakukan rapid tes antigen terhadap 835 orang. Rapid test antigen digelar diempat banjar yakni Balai Banjar Pengembungan, areal Jaba Pura Ulun Suwi, Banjar Pengembungan. Lapangan Voli Banjar Pengembungan dan  areal Parkir Villa Oshinoya Banjar Pengembungan

Agung Sukamawa menambahkan dari 835 orang yang rencananya sebanyak 598 orang yang menjalani rapid tes antigen. Dari 598 orang tersebut sebanyak 9 orang dinyatakan positif. Mereka yang positif akan dilakukan karantina.

Baca juga :  Giliran Pretima Pura di Banjar Kesian Digondol Maling

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, dr Ida Komang Upeksa menjelaskan langkah itu dilakukan sebagai menangani perkembangan situasi di desa setempat. “Yang dirapid sebanyak 835 orang kontak erat yang ada di satu desa tersebut,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dr Ida Komang Upeksa mengaku untuk mengantisipasi kerumunan, warga yang setelah dirapid diarahkan langsung pulang. “Lokasi yang ditentukan terdapat empat titik pengambilan, tujuannya untuk mengantisipasi kerumuman yang ada,” katanya.

Dijelaskan terkait mekanisme pelaksanaan kegiatan rapid tes masal, kegiatan dimulai pukul  09.00 Wita dan berakhir pukul 15.00. Petugas yang disiapkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar berjumlah 50 orang tenaga kesehatan. Mereka sudah ditugaskan sesuai peran masing- masing dan akan dibagi sesuai dengan jumlah warga di empat pos tersebut.

Baca juga :  Tinjau Proyek Pembangunan, Bupati Mahayastra : Semua Sesuai Target

“Disetiap pos juga telah disiapkan ambulance yang akan disiagakan serta petugas Kepolisian untuk mengamankan kegiatan,”katanya. (116)

Keterangan Foto : Pelaksanaan repid test antigen di Banjar Pengembungan, Desa Pejeng Kangin, Tampaksiring, Gianyar, Kamis (14/1/2021)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini