Piodalan di Dalem Puri Disineb Tanggal 18, Warga Tetap Diminta Ngayeng

0
7
Piodalan di Dalem Puri Disineb Tanggal 18, Warga Diminta Tetap Ngayeng
PEMANTAUAN - Jajaran Forkompinda Karangasem saat melakukan pemantauan ke Pura Dalem Puri beberapa waktu lalu.

Amlapura, DENPOST.id

Piodalan Pura Dalem Puri di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Karangasem telah digelar sejak Kamis (14/1/2021). Kasus Covid-19 yang masih terus melonjak, membuat protokol kesehatan diterapkan  maksimal agar tak menimbulkan klaster baru.

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, bersama Panitia Karya, jajaran  Pemkab dan Forkopinda beberapa waktu lalu telah membuat sederet aturan yang harus dipatuhi. Salah satunya pembatasan jumlah saat proses sembahyang hanya 75 orang. “Itu jumlah di seluruh areal Pura. Tujuannya agar pelaksanaan prokes dapat dijalankan sebaik mungkin guna mencegah timbulnya klaster baru,” kata Mas Sumatri. Mengatur itu, panita sudah menyiapkan pos penjagaan di pintu masuk pura.

Baca juga :  Seorang PMI Sempat Pulang Tak Sesuai SOP

Tak hanya itu, meski telah dilakukan pembatasan, proses sembahyang juga harus patuh prokes. Utamanya menjaga jarak serta sebelum mengikuti persembahyangan wajib cuci tangan. Tak cuma itu, menghindari bersentuhan langsung, dalam proses nunas tirta dan wija, pemangku  menggunakan alat khusus. “Siapa saja yang hadir tentunya harus memberikan yang terbaik dan memiliki tanggung jawab. Mari kita koordinasikan semua dari segi kebersihan, kesehatan, aturan, kita bicarakan bersama,” ajak Mas Sumatri.

Baca juga :  Enak dan Gurih, Pepes Khas Mumbul Jungutan Laris Diburu Warga

Meski telah diberlakukan  prokes ketat, pihaknya tetap berharap krama ngayeng dari rumah masing-masing. Apalagi tiap Majelis Desa Adat diberi kesempatan nunas tirta dari tanggal 15 hingga 17 nanti, untuk dibagikan ke seluruh krama.  (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini