Pengangkutan Sampah di Pantai Labuan Terkendala Tebing

0
5
Pengangkutan Sampah di Pantai Labuan Terkendala Tebing
PENUH SAMPAH - Sampah batang pohon dan ranting yang memenuhi Pantai Labuan Sait, Pecatu.

Kutsel, DENPOST.id

Pantai Labuan Sait, Desa Pecatu juga tak luput dari terjangan sampah kiriman. Kondisi terparah terjadi Minggu (17/1/2021) sore. Terlihat sampah batang pohon berukuran besar memenuhi bibir pantai.

Lokasi pantai berada di bawah tebing yang curam dan terjal menyulitkan proses pengangkutan sampah.  Hal ini diakui Bendesa Adat Pecatu, Made Sumerta, Senin (18/1/2021).

Sumerta yang juga anggota DPRD Badung ini mengatakan, fenomena sampah kiriman ini memang terjadi setiap tahun di Pantai Labuan Sait. Untuk kali ini sudah terjadi sejak hampir seminggu. Bersama warga, pihaknya kemudian melakukan aksi bersih-bersih. Masalahnya, sampah yang sudah terkumpul tidak bisa langsung diangkut ke atas. Menurut Sumerta, diperlukan peralatan khusus karena kondisi yang curam. Di sisi lain, jika dibakar akan menyalahi aturan tentang lingkungan karena asap yang ditimbulkan tidak bagus untuk kesehatan. “Jadi kalau diangkat susah, kalau dibakar nanti salah. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak LHK agar dicarikan solusinya,” paparnya.

Baca juga :  Lihadnyana Pilih Ngantor di Ruang Asisten, Ini Alasannya

Dia berharap pihak terkait nantinya bisa mencari solusi secara permanen untuk menangani masalah sampah ini, karena merupakan siklus tahunan. “Kalau nanti kami diundang untuk membicarakan masalah ini tentu kami siap, agar ada solusi permanen,” pungkasnya. (113)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini