Jaga Keamanan, Siskamling Perlu Dihidupkan

0
4
Cegah Klaster Baru, Jalan Gajah Mada Dijaga 24 Jam
DIJAGA – Kasatpol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga, bersama anggotanya menjaga sekaligus mencegah pedagang berjualan di sepanjang Jalan Gajah Mada, Sabtu (7/11/2020) malam pukul 21.00.

Sumerta DENPOST.id

Meningkatnya kriminalitas beberapa minggu terakhir, membuat masyarakat kian merasa tidak nyaman. Karenanya, untuk menjaga keamanan masing-masing wilayah dari tingkat banjar, lingkungan dan desa/kelurahan perlu ditingkatkan guna dapat mencegah kriminalitas.

”Gerakan suluruh elemen masyarakat dari tingkat banjar dan desa adat perlu ditingkatkan. Siskamling (sistem keamanan lingkungan) perlu dihidupkan kembali untuk menjaga lingkungan masing-masing banjar yang ada di desa dan kelurahan,’’ kata Kasatpol PP Kota Denpasar, Dewa Anom Sayoga, Selasa (9/1/2021).

Baca juga :  Tersangka Pembunuh ‘’Teller’’ Bank Mandiri Sering Bersama Waria

Dia mengungkapkan, Satpol PP selaku perpanjangan tangan Pemerintah Kota Denpasar mengamankan wilayah dari gangguan ketertiban umum agar masyarakat merasa aman dan nyaman. Kalau ada tindakan kriminal seperti pembunuhan dan pencurian, lanjutnya, penanganan menjadi kewenangan kepolisian. ’’Kita lekukan koordinasi dengan Polri, TNI termasuk semua elemen untuk bersama-sama mewaspadai gangguan ketertiban umum dan gangguan kamtibmas di masyarakat,’’ kata Anom Sayoga.

Dikatakan pula, Satpol PP berusaha melakukan koordinasi dengan aparat yang memiliki wilayah di mana aksi kriminalitas terjadi, seperti desa atau kelurahan agar gencar melakukan pengawasan dengan menerjunkan Linmas. ”Kalau keamanan yang ada di desa/kelurahan dibangkitkan kembali, niscaya keamanan di Kota Denpasar akan terjaga,’’ katanya.

Baca juga :  Pandemi Covid-19, BUMDes Harus Bisa Berinovasi

Anom Sayoga mengajak seluruh elemen masyarakat tetap waspada di masa pandemi Covid-19 ini karena semua menghadapi masa sulit. ”Kami terus berupaya menjaga keamanan Kota Denpasar bersinergi dengan TNI dan Polri melalui patroli keliling setiap hari. Kalau di lapangan menemukan ada tindakan kriminal langsung menghubungi polisi untuk menangani permasalahan tersebut,’’ sarannya. (103)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini