Motor BBM Bisa Dikonversi ke Motor Listrik? Ini Kata PLN

0
7
Konsep Otomatis

Renon, DenPost

Peralihan penggunaan motor berbahan bakar minyak menuju bahan bakar listrik terus digelorakan PLN Unit Induk Daerah Bali. Guna menarik minat warga Bali, PLN mengumumkan motor konvensional dapat dikonversi atau dialihkan menjadi motor listrik melalui proses pembaharuan sistem motorik. Demikian dikatakan Manager Strategi Pemasaran PLN UID Bali, Oscar Praditya, Rabu (20/1) dalam jumpa pers di Renon, Denpasar Timur.

“Ini akan kami lakukan segera di Bali. Akan koordinasikan dengan Pemda setempat, dan membuat workshop mulai bukan Februari ini,” ujarnya didampingi Manager Humas Made Arya.

Baca juga :  Soal Penundaan Pilkada, KPU Denpasar Tunggu Arahan Pusat

Selain mendukung penggunaan motor listrik agar semakin masif, dia berharap peralihan ini menjadi peluang usaha bagi bengkel di Bali yang saat ini lesu di tengah pandemi Covid-19. Hanya saja, untuk konversi itu pemilik motor harus berinvestasi besar. Biayanya diprediksi mencapai Rp 15 juta.

Harga itu didapat dari uji coba konversi terhadap motor matic dengan 150 CC dikonversikan menuju motor listrik dengan tenaga mesin yang sama. Oscar menyebutkan harga disesuaikan dengan kapasitas tenaga mesin yang diinginkan pemilik. Apabila menginginkan tenaga mesin yang lebih besar, tentu biayanya sesuai.

Baca juga :  Operasi Terpadu PKM, Ini Jumlah Pengendara Motor Ditolak Masuk Denpasar

“Jadi kalau ingin spesifikasi dengan tingkat kecepatan yang lebih bagus atau sama, atau dengan batre yang lebih bagus, maka biayanya akan lebih besar,” ungkapnya. Sejalan dengan edukasi, pihaknya juga akan memastikan ketersediaan mekanik dan bengkel konversi dan perawatan motor listrik.

Mengawali program ini, dia menyebut PLN telah mendapat permintaan dari Pemkab Bangli. Permintaan itu ia pastikan akan digarap tahun 2021 ini.

Baca juga :  Soal Penolakan Warga Samsam, Kasatgas Ingatkan Tat Twam Asi

“Kami akan mulai dari Bangli. Namun kami juga akan inisiasi dilakukan di Denpasar. Jadi segera kita akan lakukan,” ujar Oscar. Mendorong penggunaan motor listrik di Bali, pihaknya menyediakan beragam keuntungan. Salah satunya mendapat diskon 30 persen setiap pengisian daya. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini