Cegah Klaster Baru, Pengunjung dan Pengungsi Wajib Patuhi Prokes

0
7
Cegah Klaster Baru, Pengungsi Wajib Patuhi Prokes
Kondisi pengungsi di posko pengungsi bencana banjir bandang di Banjar Loloan, Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan

Negara, DenPost

Kasus Covid-19 makin meningkat di Jembrana. Kondisi ini harus diantisipasi oleh petugas Posko Pengungsi bencana banjir bandang di Banjar Loloan, Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana.

Apalagi pengunjung yang merupakan donatur dan relawan yang berdatangan ke posko silih berganti dan kondisi ini cukup rawan. “Kami sudah berusaha mengantisipasi. Semoga saja tidak ada klaster baru di pengungsian,” kata Kepala Dusun Loloan, Desa Medewi Ketut Mudiardana, yang mengkoordinir di posko, Kamis (21/1).

Baca juga :  Terkonfirmasi Positif di Jembrana Bertambah dan Dua Pasien Sembuh Dipulangkan

Mudiardana mengatakan hingga saat ini warganya yang menjadi korban banjir bandang yang mengungsi di posko sebanyak 10 KK atau 42 jiwa. “Kalau totalnya khusus warga kami yang terdampak banjir ada 13 KK. Ditambah ada dari warga dari desa lain yang membangun di wilayah ini,” jelasnya.

Sejak posko pengungsi dibangun Dinas Sosial pihaknya sudah memasang sejumlah fasilitas cuci tangan. Cuci tangan diwajibkan untuk pengungsi dan pengunjung yang datang.
Pengungsi juga diwajibkan menggunakan masker. “Ada sumbangan masker itu kami bagikan. Prokes 3 M tetap kami wajibkan. Baik memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” jelasnya.

Baca juga :  Anjing Rabies Gigit Lima Warga

Demikian juga pihak pengungsi juga dengan inisiatif sendiri melakukan penyemprotan disinfektan. Pihaknya juga akan melakukan penyemprotan. Selain mencegah Covid-19, juga untuk mengantisipasi genanganan air agar tidak ada jentik nyamuk yang menjadi sumber penyakit DBD yang juga kerap terjadi di musim hujan. Dibantu pihak puskesmas, pengungsi juga diperiksa kesehatannya.

Mudiardana mengatakan bantuan terhadap warganya yang menjadi korban cukup dan pihaknya menyampaikan terimakasih atas segala kepedulian tersebut. (120)
Keterangan photo:
Kondisi pengungsi di posko pengungsi bencana banjir bandang di Banjar Loloan, Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan

Baca juga :  Bawa Satu Truk Kayu Ilegal, Sopir Ditahan Polisi

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini