Tinggi, Kasus Kematian Lansia Positif Covid-19 di Gianyar

0
5
Tinggi, Kasus Kematian Lansia Positif Covid-19 di Gianyar
Sekda Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya

Gianyar, DENPOST.id

Kasus kematian kalangan lanjut usia (lansia) yang terkonfirmasi positif Covid-19 relatif tinggi di Kabupaten Gianyar. Dari total 90 orang kematian sejak awal pandemi Covid-19 melanda, 52 orang di antaranya atau sekitar 57,7 persen merupakan warga lansia. Total kasus hingga saat ini sudah mencapai 2.689 kasus. Penambahan kasus dan jumlah kasus aktif terus meningkat sejak Desember 2020 ini. Hal ini membuat Gianyar menyandang wilayah zona merah.

Hal ini terungkap saat rapat koordinasi perkembangan penanganan Covid-19 di Kantor Bupati Gianyar, Kamis (21/1/2021). Atas peningkatan kasus ini, GTPP Gianyar menyatakan akan mengambil langkah-langkah strategis. “Kita perlu dengan lebih tegas lagi serta serius untuk menangani Covid-19 ini,” kata Sekda Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya.

Baca juga :  Ikut Rapat Kerja, Seluruh Peserta Diuji Cepat Antigen

Dalam rapat koordinasi tersebut juga terungkap, jumlah rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 ada 7 rumah sakit. Dengan kapasitas bed sebanyak 139 unit, terisi 93 pasien atau 66,9%.

Di pengujung rapat disimpulkan bahwa penanganan kasus isolasi mandiri untuk segera dilakukan karantina daerah 1x 24 jam sejak dinyatakan kasus konfirmasi. Pelaksanaan dan pengawasan kegiatan keagamaan dan adat oleh satgas desa dan prajuru tetap dipertahankan sesuai surat edaran PHDI Bali.  Juga penegakan disiplin penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan pada tempat-tempat kerja dan tempat-tempat umum. “Juga perlu ditingkatkan Komunikasi Informasi dan Edukasi kepada masyarakat tentang sumber dan cara penularan Covid 19 serta upaya penanggulangannya,” tambah Wisnu Wijaya. (116)

Baca juga :  Warga Temukan Motor Terbakar di Pantai Siyut, Gianyar

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini