Muncul Protes, Pengukuhan Kelian Desa Adat Sangsit Dangin Yeh Ditunda

0
10
Muncul Protes, Pengukuhan Kelian Desa Adat Sangsit Dangin Yeh Ditunda
Ketua Panitia Pemilihan, Wayan Robin (kanan) didampingi Kelian Adat Sangsit Dangin Yeh terpilih, Jro Wayan Gunawan

Singaraja, DENPOST.id

Proses pemilihan Kelian Desa Adat Dangin Yeh, Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan sejatinya berjalan lancar pada 20 Desember 2020 lalu. Namun belakangan proses pengukuhannya agak kisruh. Pasalnya, pihak yang kalah mengajukan protes sehingga pengukuhan tertunda. Menyikapi itu, Ketua Pemilihan Desa Adat Dangin Yeh, Wayan Robin, didampingi Kelian Adat terpilih, Jro Wayan Gunawan bersama sejumlah krama menyampaikan aspirasinya ke Kantor Camat Sawan, Jumat (22/1/2021).

“Kita hadir di sini untuk menyampaikan aspirasi, kenapa proses pemilihan yang sudah berjalan dan disepakati krama tiba-tiba terganjal pengukuhannya lantaran ada surat protes krama yang lain,” ucap Wayan Robin. Dijelaskannya, pascapemilihan sudah diikuti dengan proses rekomendasi Majelis Alit di Kecamatan dan Majelis Madya di Kabupaten. Namun Majelis Adat Provinsi Bali tidak mengeluarkan SK. “Proses sudah kita lakukan sesuai aturan yang ada. Kenapa SK dari Provinsi tertunda lantaran ada protes sejumlah krama?” tanya Robin.

Baca juga :  Bupati Buleleng Dorong Adanya Perarem Vegetasi Lahan Sekitar Danau Buyan dan Tamblingan

Sebelumnya ada dua kandidat dalam pemilihan Kelian Adat Sangsit Dangin Yeh yakni petahana Jro Wayan Gunawan dan Wayan Rediastana. Pemilihan melibatkan 32 dadia dengan 82 orang yang memiliki hak suara sesuai prosentase jumlah kk dalam dadia. Saat itu, 70 suara ke petahana, 10 suara ke lawannya dan 2 suara abstein. “Saat itu pihak yang kalah sudah menandatangani berita acara, nah belakangan muncul protes sehingga mengganjal keluarnya SK untuk proses pengukuhan,” imbuh Robin.

Baca juga :  Tersangka Kasus Pembunuhan Jalani Uji Cepat Antigen

Menyikapi aspirasi itu, Ketua Majelis Alit Kecamatan Sawan, Wayan Sumawijaya, menyatakan akan memediasi para pihak pada Selasa (26/1/2021) mendatang. (118)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini