Selamatkan Aset, Ketua LPD Budeng Dinonaktifkan

0
8
Selamatkan Aset, Ketua LPD Budeng Dinonaktifkan
Kantor LPD Desa Budeng

Negara, DENPOST.id

Lembaga Perkreditan Rakyat (LPD) Desa Budeng mengalami permasalahan keuangan. Dana ratusan juta rupiah milik nasabah sulit untuk ditarik. Namun permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan melalui paruman adat untuk menyelamatkan aset LPD dan dana nasabah.

Dari informasi yang dihimpun, Senin (25/1/2021), oknum Ketua LPD Budeng kini sudah dinonaktifkan. Masalah ini bergulir karena dana tabungan nasabah banyak yang tidak bisa ditarik. Demikian juga deposito. Salah seorang nasabah yang mengaku memiliki deposito Rp 200 juta mengakui jika depositonya memang belum jatuh tempo. Namun uang tabungannya yang mau ditarik malah dicicil. “Sejak nasabah mengalami kesulitan menagih uang itulah permasalahan mulai terkuak,” terang nasabah yang enggan namanya disebut.

Baca juga :  Tak Bawa Uang, Pelanggar Prokes Jaminkan KTP

Bendesa Adat Budeng, Ketut Hindu Riyasa, ketika dimintai konfirmasi membenarkan adanya permasalahan di LPD Budeng. Namun menurutnya masalah sudah diselesaikan. Oknum Ketua LPD juga dikatakan sanggup mempertanggungjawabkan perbuatannya dan mengembalikan dana dengan  jaminan sertifikat. “Ya benar Ketua LPD dinonjobkan dan kini sudah ada pengganti yang mengelola LPD sementara. Kami berusaha menyelamatkan aset dan dana masyarakat. Kalau ke jalur hokum, siapa yang mempertanggungjawabkan dana tersebut nantinya?,” jelas Hindu.

Baca juga :  Diduga Depresi Karena Sakit, Asmita Nekat Gantung Diri

Dengan kejadian ini, Hindu mengaku mengambil hikmahnya dan akan membenahi kondisi LPD untuk kemajuan desa.

“Manajemen harus dibenahi ke depannya dan akan ditata. Sebelumnya tata kelola tidak seimbang. Semoga nanti kita mendapatkan ketua LPD yang siap ngayah dan punya kualifikasi sehingga pengelolaan LPD bisa lebih profesional,” harapnya. (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini