DLH Jembrana Tolak Pabrik Limbah B3 di Tegal Badeng Barat

0
17
Picsart 01 25 07.30.04
Kadis LH Jembrana, I Wayan Sudiartha.

Negara, DENPOST.id

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana menolak rencana pembangunan pabrik limbah bahan beracun dan berbahaya (B3). Hal ini menyusul penolakan dari penyanding di Desa Tegal Badeng Barat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jembrana, I Wayan Sudiartha, Senin (25/1/2021) mengatakan pihaknya sudah menerima surat penolakan dari Desa Tegal Badeng Barat. “Penyanding di sekitar lokasi yang rencananya dibangun pabrik limbah B3 menyatakan menolak. Ini keinginan masyarakat, jadi kami mengikuti dengan mengambil sikap serupa,” kata Sudiartha.

Baca juga :  Sebulan, Makanan Monyet Monkey Forest Habiskan Segini

Pihaknya sejatinya sudah memberikan waktu kepada konsultan pabrik tersebut untuk menjelaskan dari sisi perusahaan, namun hingga batas waktu yang ditentukan yang bersangkutan tidak datang. “Kami memberikan waktu kepada konsultan pabrik selama tujuh hari untuk klarifikasi. Tapi hingga hari terakhir tidak datang,” katanya.

Penolakan dari penyanding dan desa tersebut, pihaknya akan lanjutkan ke kementerian terkait sesuai dengan prosedur. Sudiarta mengatakan untuk menyikapi rencana pembangunan pabrik limbah B3, Pemkab Jembrana menyerahkannya kepada masyarakat selaku penyanding. Jika masyarakat menolak, pihaknya juga pasti menolak. “Kebijakan itu sesuai dengan arahan Pak Bupati,” katanya.

Baca juga :  Truk Pengangkut Mie Terguling

Sementara Perbekel Tegal Badeng Barat, I Made Sudiana sebelumnya mengatakan sesuai dengan keinginan masyarakat, pihaknya mengirim surat penolakan rencana pembangunan pabrik limbah B3 di desa tersebut, ke Dinas Lingkungan Hidup. Surat tersebut, merupakan tindak lanjut dari sosialisasi rencana pembangunan pabrik. Di mana, masyarakat di Desa Tegal Badeng Barat, Kecamatan Negara, khususnya penyanding menolak dilingkungannya berdiri pabrik limbah B3. (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini