Cegah Kerumunan RAT, Koperasi Siasati Dengan Ini

0
8
Picsart 01 26 07.41.03
DISTRIBUSI SURAT - Pengurus Koperasi Subhakti, saat menyiapkan distribusi surat ke anggota serangkaian dilaksanakannya RAT tertulis menyiasati musim pandemi ini.

Kutsel, DENPOST.id

Rapat Akhir Tahun (RAT) yang rutin digelar jajaran koperasi, dengan mengundang seluruh anggotanya tidak mungkin digelar di tengah pandemi Covid-19. Karena sesuai anjuran pemerintah agar memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) salah satunya menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Menyikapi kondisi ini, koperasi menyiasati dengan menggelar RAT tertulis.

Ketua Koperasi Subhakti Ungasan, Made Suanda Wisnaya yang melakukan RAT tertulis, Selasa (26/1/2021) memaparkan sebenarnya sistem RAT tertulis sudah dibikin jauh-jauh hari oleh para pendahulu. Langkah ini yang paling memungkinkan dilakukan karena prokes terkait pandemi Covid-19, membatasi untuk berkumpul. Karena itu, pihaknya melakukan inovasi dengan melaksanakan RAT tertulis. Mekanismenya yang terlibat adalah hanya pihak karyawan dan manajemen. “Karena Covid-19 ini, pemerintah kan menyarankan menghindari berkumpul atau dengan batas-batas tertentu. Jadi tidak mungkin kita mengundang semua anggota sebanyak 2.766 untuk kumpul, makanya RAT tertulis ini solusinya,” ujarnya.

Baca juga :  Cegah Terjadinya Pelanggaran, Pengawas TPS Dilantik

Di mana yang pertama tentu perlu disiapkan data dan peralatan. Kedua tentu menyiapkan laporan keuangan secara transparan. Selanjutnya distribusi surat pada acara RAT ke-17 tahun ini yang diadakan secara tertulis. Setelah surat dikirim, surat tanggapan dari anggota paling lambat diterima pada, 28 Januari 2021. Di mana nantinya dikumpulkan apakah anggota menyetujui atau menolak laporan pertanggungjawaban yang disampaikan.

Bagi anggota yang jarak rumahnya jauh dari jangkauan, distribusi dan tanggapan dilakukan menggunakan media chat elektronik (luring). Pengurus akan menyusun hasil tanggapan seluruh anggota yang mengembalikan surat tanggapannya dan akan membuat kesimpulan, serta dijadikan hasil putusan RAT yang mengikat kepada seluruh anggota. “Hasil putusan tersebut akan disampaikan pada rapat paripurna yang akan dihadiri oleh perwakilan beberapa anggota,” bebernya. (113)

Baca juga :  Tengah Malam, Mahasiswi Bunuh Diri di Jembatan Sangeh

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini