Wujudkan Ketahanan Pangan, Distan Bangun ALC

0
10
Wujudkan Ketahanan Pangan, Distan Bangun ALC
Plt. Kadis Pertanian Kota Denpasar, AA Gede Bayu Brahmasta

Lumintang, DENPOST.id

Mendukung pemerintah mewujudkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, Dinas Pertanian Kota Denpasar menggandeng salah satu komunitas membangun Agro Learning Center (ALC) di Desa Peguyangan Kangin, Denpasar Utara.

”Kita harapkan di masa pendemi virus corona ini semua sektor bergerak, baik akademis, pemerintah, swasta dan pendanaan saling mendukung dan mampu mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan di Kota Denpasar,’’ kata Plt. Kadis Pertanian Kota Denpasar, AA Gede Bayu Brahmasta, Rabu (27/1/2021).

Baca juga :  Relawan Covid-19 Diminta Segera Bertugas

Menurut Bayu Brahmasta, masyarakat khususnya generasi muda dapat berpartisipasi untuk memajukan sektor pertanian sehingga mampu mewujudkan kemandirian pangan. Pemerintah mendukung langkah yang dilakukan masyarakat memajukan pertanian dengan memberikan subsidi pupuk dan benih padi. “Salah satu dukungan kita sekarang ini melakukan dialog virtual. Bagaimana pemikiran akademis, birokrasi dan pelaku digabung menjadi satu guna memajukan pertanian. Mudah-mudahan pemikiran yang timbul dari dialog virtual ini menjadi landasan bergerak sektor pertanian di Kota Denpasar,’’ harapnya.

Baca juga :  Tentara Juga Dukung Pencegahan Penyebaran Covid-19

Lebih lanjut Bayu Brahmasta mengungkapkan, lahan pertanian di Kota Denpasar sempit, tapi harus memiliki ketahanan pangan. ”Kita harus mampu mempertahankan lahan pertanian dan meningkatkan nilai tambah kepada petani untuk menjaga ketahanan pangan,’’ jelasnya.

Diakuinya, lahan pertanian di Denpasar saat ini menyusut akibat banyaknya pembangunan perumahan dan perdagangan. Penyusutan lahan tanpa didukung pendapatan petani maka alih fungsi lahan semakin besar. ”Kita harus mengembangkan teknologi infarm (budidaya) dan pasarnya dijamin. Pascapanen ada nilai tambah dan peningkatkan pendapatan sehingga petani mempertahankan lahan pertaniannya,’’ jelasnya.  (103)

Baca juga :  Soal Hibah, Dinas Pemajuan Desa Adat Mesti Perhatikan Ini

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini