Distan Siapkan 47.715 Dosis Vaksin Rabies Gratis

0
10
Picsart 01 28 11.36.41
DIVAKSIN – Dokter hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar memvaksin anjing peliharaan warga di Desa Padangsambian Kelod, Kamis (28/1/2021).

Lumintang, DENPOST.id

Guna mencegah kejadian luar biasa (KLB) rabies di masa pandemi Covid-19, Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar melakukan vaksinasi massal untuk anjing. Distan menyiapkan 47.715 dosis vaksin gratis untuk memvaksin hewan penular rabies (HPR).

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, Drh. Made Ngurah Sugiri, Kamis (28/1/2021) mengatakan, akibat pandemi Covid-19, hingga sekarang kegiatan dibatasi termasuk vaksinasi rabies karena anggaran yang diberikan sangat terbatas. Karenanya cakupan vaksinasi HPR tahun 2020 sangat rendah. “Target cakupan vaksinasi kita 80 persen untuk kekebalan imunitas kelompok anjing tidak tercapai. Tahun lalu cakupan vaksinasi terealisasi 4,72 persen (4.235 ekor) dari estimasi populasi anjing yang ada di Denpasar sebanyak 89.796 ekor,’’ kata Sugiri.

Baca juga :  Siap Kerja Lagi, ASN Terapkan Skema Tatanan Hidup Baru

Sugiri mengaku khawatir tahun 2021 ini bisa terjadi kejadian luar biasa (KLB) rabies akibat terbatasnya vaksinasi HPR sehingga memberatkan pemerintah di masa pandemi Covid-19. Kalau terjadi KLB rabies akan terdampak terhadap kesehatan manusia, sosial dan ekonomi.

Mengantisipasi hal tersebut, Pemkot Denpasar melalui Dinas Pertanian Kota Denpasar bersama kabupaten lainnya pada tanggal 5 Januari mengadakan vaksinasi massal. ”Kita mengadakan vaksinasi massal mulai dari Desa Padangsambian Kelod, Kecamatan Denpasar Barat (Denbar) menurunkan 10 dokter hewan dibagi menjadi lima tim. Kita targetkan satu tim memvaksin 300 ekor anjing per hari,’’ katanya. (103)

Baca juga :  Di Jalan Gatsu Barat Puluhan Pengendara Motor Terpaksa Putar Balik

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini