Waspada, Gelombang Laut Utara Bali Diprediksi Capai 3 Meter

0
5
Waspada, Gelombang Laut Utara Bali Diprediksi Capai 3 Meter
GELOMBANG TINGGI - Gelombang tinggi diprediksi terjadi di perairan uta Bali dalam 3 hari ke depan. DENPOST.id/dok

Kuta, DENPOST.id

Cuaca ekstrem masih memungkinkan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Hal ini dikarenakan saat ini hingga Februari Bali masuk dalam puncak musim hujan. Selain banjir dan longsor, yang juga perlu diwaspadai adalah potensi terjadinya gelombang tinggi hingga 3 meter di Laut Utara Bali.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar, Iman Fatchurochman, Kamis (28/1/2021).

Iman Memaparkan, saat ini hampir seluruh wilayah Indonesia masuk musim hujan. Dan di Bali sendiri saat ini hingga Februari mendatang berada di puncak musim hujan. Bersamaan dengan itu ada beberapa faktor-faktor lain yg mendukung penambahan curah hujan. Seperti La Nina, gelombang Rossby, belokan angin dan konvergensi serta juga suhu muka laut yg mendukung pembentukan awan hujan. Hal inilah yang berpotensi menimbulkan cuaca ekstrem yang harus diwaspadai oleh masyarakat dan pemangku kepentingan.

Baca juga :  Soal Hilangnya Wisatawan Inggris, Ada Dugaan Begini

“Kami BMKG saat ini terus menjalin koordinasi dengan kawan-kawan BPBD, BASARNAS, Media RRI, TVRI dan juga pimpinan daerah untuk mendiseminasikan dan sosialisasi informasi potensi cuaca ekstrem ke depan,” ungkapnya.

Harapannya dengan langkah ini semua dapat lebih waspada dalam mengantisipasi kejadian bencana terutama akibat cuaca ekstrem.

“Saat ini Peluang curah hujan tinggi ada di Bali bagian utara, tengah dan selatan. Dalam 3 hari ke depan gelombang laut bagian utara Bali diprakirakan juga cukup tinggi yakni dapat mencapai 3 meter,” ungkapnya.

Baca juga :  Polisi Tembak Pencuri Motor di Mengwi

Kepada masyarakat dia mengimbau untuk terus memantau lingkungan sekitar dan mengantisipasi potensi bencana. “Terus memonitor dan update informasi dari BMKG,” sarannya.  (113)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini