Bangkai Lumba-lumba dan Penyu Terdampar Bersama Sampah Kiriman

0
10
Picsart 01 28 06.59.19
BANGKAI LUMBA-LUMBA - Bangkai Lumba-lumba yang terdampar di Pantai Kuta bersama datangnya sampah kiriman.

Kuta, DENPOST.id

Sampah kiriman yang menyerbu sejumlah pantai di Badung, bukan hanya sampah plastik dan ranting pohon. Beberapa bangkai satwa juga ikut berbaur bersama sampah yang membludak. Setelah sebelumnya ada bangkai sapi, kini bangkai satwa Lumba-lumba dan Penyu juga ikut terdampar.

Bahkan DLHK Badung yang setiap hari membersihkan sampah kiriman ini, mencatat sudah 10 bangkai hewan dan satwa diamankan bersama sampah kiriman yang datang. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun DLHK Badung, AA Gde Agung Dalem, Kamis (28/12021).

Baca juga :  Dijambret, Seorang Gadis Kejar Pelaku Hingga ke Gang Sempit

Gung Dalem memaparkan pihaknya beberapa kali menemukan bangkai satwa yang terdampar di pantai barat Kabupaten Badung saat musim sampah kiriman tahun ini. Jika dihitung temuan bangkai tersebut, ada sekitar 10 ekor. Baik berupa hewan laut maupun hewan yang hidup di darat. “Ada dua ekor bangkai Sapi yang kita temukan di Pantai Jerman Kuta dan di Petitenget. Di Pantai Jimbaran kita temukan dua bangkai Penyu, di Pantai Kedonganan dua bangkai Penyu dan Lumba-lumba yang membusuk. Sedangkan di Pantai Kuta kita temukan satu ekor bangkai Babi dan satu ekor bangkai Penyu. Satu lagi bangkai Paus di Pantai Batu Belig,” bebernya.

Baca juga :  Pencuri Tas Warga Ukraina Nyaris Tewas Diamuk Warga

Dia menduga fenomena ini muncul setelah adanya cuaca ekstrim yang melanda beberapa hari terakhir. Namun, dia mengaku tidak mengetahui persis apa penyebab kejadian tersebut. “Jadi kalau kami mengetahui, tentu kami ikut terlibat mengevakuasi dengan alat berat kami. Biasanya itu, kami kubur di kawasan pesisir yang lebih aman dari gerusan ombak,” imbuhnya.

Kondisi ini juga diungkapkan Ketua Satgas Pengelola Pantai Kuta, Mangku Wayan Sirna dikonfirmasi terpisah.
“Rabu pagi, seekor satwa laut berupa Lumba-lumba kami temukan terdampar dalam kondisi mulai membusuk di kawasan Pantai Kuta. Adapun ukuran bangkai mamalia tersebut, sekitar dua meter,” ujarnya.

Baca juga :  Warga Positif Corona Tambah Lima, Tiga Akibat Transmisi Lokal

Pihaknya mengetahui hal itu berdasarkan info petugas di lapangan, di mana terdamparnya mamalia itu diketahui sekitar pukul 08.30 Wita, di titik pantai depan usaha centro. “Kondisinya itu mulai membusuk, petugas yang mendapati itu katanya sudah langsung menguburnya,” ungkapnya. (113)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini