Banyu Pinaruh, Pamedek di Tirta Empul Dibatasi

0
4
Banyu Pinaruh, Pamedek di Tirta Empul Dibatasi
TIRTA EMPUL – Situasi di palukatan Tirta Empul saat belum terjadi pandemi Covid-19. DENPOST.id/dok

Gianyar, DENPOST.id

Sehari setelah Hari Raya Saraswati, masyarakat umumnya melakukan banyu pinaruh. Salah satu tempat yang biasa didatangi yakni Tirta Empul, Tampaksiring, Gianyar. Tempat panglukatan ini diserbu pamedek. Namun di masa pandemic Covid-19 ini, pamedek akan dibatasi. Petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP Gianyar, pecalang desa akan melakukan penjagaan ketat di lokasi.

Terkait pembatasan ini, Kapolres Gianyar, AKBP Dewa Made Adnyana, Jumat (29/1/2021) mengatakan, berkaitan dengan banyu pinaruh pada Minggu (31/1/2021) pihak pengelola Tirta Empul  bersinergi dengan TNI, Polri, Satgas Covid-19 Kabupaten Gianyar, termasuk unsur adat, akan melakukan pengawasan protokol kesehatan (prokes) ketat selama 24 jam.

Baca juga :  Ogoh-ogoh Hilang, Warga Batannyuh Lapor Polisi

Dijelaskannya, mulai dari pintu masuk, setiap pengunjung akan dicek suhu tubuhnya. Pengunjung juga harus menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Demikian juga saat kegiatan melukat berlangsung, pamedek dibatasi maksimal 15 orang guna menghindari kerumunan dan jaga jarak yang aman,” papar Adnyana.

Mengingat pandemi belum reda, apalagi Gianyar masuk zona merah, Adnyana mengimbau masyarakat untuk sementara bisa sembahyang di merajan masing-masing. (116)

Baca juga :  Delapan Nakes Positif Covid-19, IGD RSUD Sanjiwani Gianyar Ditutup Sementara

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini